Blogger news

PERINGATI 1 MUHARRAM, PONDOK AL ANWAR AL SHOGIR KOLABORASI DENGAN MAHASISWA UIN BANDUNG GELAR PAWAI KELILING


Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Subang – Pondok Pesantren Al Anwar Al Shogir mengadakan kolaborasi dengan mahasiswa KKN 352 UIN Bandung dalam rangka menyambut perayaan 1 Muharram. Perayaan 1 Muharram ini dilaksanakan di RT33 Dusun Mekarjati, Desa Pusakajaya, Kabupaten Subang.

Sebelum melaksanakan perayaan 1 Muharram, terlebih dahulu diawali dengan shalat maghrib berjama’ah. Setelah selesai shalat berjamaah, diadakan doa bersama yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Al Shogir, Ustadz Syahrudin.

Perayaan 1 Muharram umumnya mengadakan pawai obor keliling.  Akan tetapi, perayaan 1 Muharram di RT 33 Dusun Mekarjati kali ini mengadakan pawai keliling menggunakan lightstick. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika pawai menggunakan obor.

“Pawai keliling 1 Muharram ini tidak menggunakan obor, mengingat peserta pawai adalah para santriwan santriwati Pondok Pesantren Al Anwar Al Shogir. Karna ditakutkan ada hal yang tidak diinginkan jika pawai menggunakan obor, maka pawai diadakan dengan menggunakan lightstick atau lampu warna,” Ujar pengasuh Pondok Pesantren.

Lightstick yang digunakan dalam pawai keliling ini dijual dengan harga RP 5.000/pcs, yang mana hasil dari penjualan nantinya akan didonasikan kepada anak yatim .

Pawai keliling ini dilaksanakan setelah shalat Isya berjamaah. Pawai dimulai mulai dengan berjalan kaki dari Pondok Pesantren mengelilingi Dusun Mekarjati dan Kembali lagi ke Pondok Pesantren.

Setelah selesai dilaksanakan pawai keliling, para santriwan santriwati berkumpul kembali di tempat yang telah disediakan. Selain para santri, acara 1 Muharram juga dimeriahkan dengan kedatangan para tamu dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Dusun Mekarjati.

Acara 1 Muharram juga dimeriahkan dengan Marhabanan yang dipimpin oleh hadroh El Ghuroba. Akhir acara ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Karabet yang berasal dari Subang.


Reporter : Risalina (Mahasiswa KPI UIN Bandung) 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo