Blogger news

Tips Memilih Kost Buat Kamu Yang Diterima Kuliah Di Luar Kota


Sumber: Rumah123.com

Banyak mahasiswa yang memilih untuk belajar di luar kota asal mereka. Tentu saja, jika Anda tinggal di kota lain, kost adalah suatu keharusan sebagai tempat tinggal.

Namun, jangan gegabah saat memilih. Hal ini dikarenakan kost akan menjadi tempat tinggal utama Anda selama Anda menuntut ilmu. Jika Anda mencari kost, silakan pertimbangkan. iniliah beberapa tps dalam memilih kost.

1. Ketahui fasilitas utama kost
Sebelum Anda mulai mencari, pikirkan  hal-hal penting yang Anda butuhkan di rumah kost Anda. Misalnya, apakah Anda sedang mencari kost khusus wanita/pria, atau nyaman dengan kost campuran? Prioritaskan apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan.

Mengetahui fasilitas utama yang Anda butuhkan dapat membantu Anda mempersempit opsi penginapan murah yang tersedia. Apalagi jika tujuan Anda adalah kota besar seperti Jakarta, kost yang dilengkapi dengan baik, disebut juga kost mewah, mematok harga yang cukup tinggi. Uang bulanan dan gaji tidak akan cukup untuk biaya perumahan saja.

2. Hitung total biaya makanan
Dengan budget yang terbatas, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan biaya makanan. Perlu untuk mengkonfirmasi biaya lain apa yang akan dikeluarkan selain tarif akomodasi yang ditunjukkan. Misalnya, kamu bisa mendapatkan kost murah yang belum termasuk fasilitas opsional seperti listrik atau biaya langganan internet. Jika biaya transportasi diperlukan, kamu juga perlu memperkirakan jumlahnya.
Menghitung semua biaya makanan juga akan membantu Anda memilih opsi penginapan. Anda akan menemukan bahwa Anda harus menutupi lebih dari sekadar tarif kamar yang murah. Jika perhitungannya salah, maka niat untuk mendapatkan kost murah  akan semakin meningkat. Tetapi jika Anda berhati-hati, akomodasi Anda akan lebih murah.

3. Ukur jarak antara kost Anda dengan kampus
Aspek lain yang biasanya ditekankan saat mencari penginapan murah adalah kedekatan dengan kampus dan perkantoran. Untuk jarak yang tidak bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sebaiknya dihitung biaya transportasi sesuai  budget Anda. Periksa juga apakah lokasinya terlalu jauh atau berada di zona sibuk dan Anda harus berangkat lebih awal.

Namun, jika Anda tidak ingin membayar transportasi dan lebih suka berjalan kaki, carilah kost murah yang sedekat mungkin dengan kampus atau kantor Anda. Idealnya, jarak kost ke kampus atau kantor kurang dari 1 km agar bisa sampai tujuan tanpa lelah.

4. Segera cek situasi di  sekitar kost

Sebelum memutuskan tempat kost, perlu dilakukan riset situasi dan kondisi daerah. Periksa ulang apakah area tersebut bersih, bebas kejahatan atau minim kejahatan, dan cukup dekat dengan tempat umum seperti warung makan dan minimarket.

Pertama, mari kita melihat-lihat rumah kos menggunakan Google Maps. Namun, jangan hanya mengandalkan foto di internet. Harus langsung ke tempat untuk konfirmasi kebenaran informasinya, setidaknya seminggu sebelum Anda mulai belajar atau bekerja.
 
5. Cari rekomendasi biaya di forum dan komunitas online
Tidak ada salahnya untuk meminta rekomendasi penginapan murah  di dekat kampus atau kantor Anda kepada kenalan langsung Anda. Mulailah dengan mencari forum dan grup di media sosial untuk menemukan orang yang dapat memberikan informasi. Biasanya ada kelompok khusus yang membicarakankost, atau paling tidak kelompok perantau. Ada baiknya juga untuk  bertanya kepada senior dan teman yang pernah tinggal di masa lalu untuk merekomendasikan kost murah di tujuan kota Anda. Mereka biasanya memiliki informasi rinci tentang opsi kost yang tersedia.

6. Telusuri opsi kost murah
Ini dia keuntungan kamu yang mau merantau di zaman digital. Sekarang tidak perlu mencari kost dengan mengelilingi seluruh daerah sekitar kampus atau kantor. Cukup browsing kost murah melalui website atau aplikasi yang bisa kamu gunakan di handphone.


Penulis: Trian Bagaskara

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo