Blogger news

Tips Cara Menghilangkan Overthingking saat Sendirian

Sumber foto : https://pin.it/5hDgrOy

 


Pengertian overthinking menurut Ahmadi merupakan suatu proses penyelesaian masalah atau proses berpikir yang terlalu berlebihan, sehingga memberikan kerugian. Menurut ilmu psikologi, overthinking adalah berpikir terus-menerus mengenai hal yang negatif. Overthinking ini setidaknya memiliki dua bentuk, yaitu merenungkan kejadian yang tidak menyenangkan di masa lalu dan mencemaskan sesuatu yang belum terjadi. Overthinking juga dapat diartikan sebagai menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan serta dapat berupa ruminasi dan khawatir.

 

Cara menghilangkan overthingking saat sendirian menurut buku Loneliness is My Best Friend karya Alvi Syahrin yang sering terjadi disaat kita sedang sendirian, disaat kita sedang sibuk dengan handphone, kita terlalu lama melakukan aktivitas tenggelam scrolling media sosial terkadang kita cenderung lebih rapuh lebih mudah overthingking dan lebih mudah merasa cemas. Alasannya karena ketika kita sibuk terlalu lama tenggelam dalam dunia maya  badan kita tidak bergerak, otak kita tidak berpikir, keadaan diri kita benar-benar dalam kondisi pasif  dan di kondisi pasif inilah kita mengaktifkan overthingking kita, karena badan yang pasif  makan yang lain menjadi aktif maka disaat sedang sendiri jangan terlalu banyak bermain dengan handphone, coba lakukan hal-hal aktif yang membuat kita bergerak dan berpikir.

 

Sebagai contoh hal-hal yang membuat kita bergerak seperti membereskan kamar, olahraga, mengikuti video workout yang ada di youtube dan hal-hal yang menyenangkan lainnya patut untuk kita coba.Coba untuk decluttering barang-barang yang ngga perlu, merapihkan lemari, jalan kaki ke supermarket terdekat, jalan-jalan di komplek rumah atau mencari udara segar di taman kota, atau kegiatan apapun yang membuat kita berpikir seperti membaca buku, atau membaca kitab suci, belajar, menulis jurnal, mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaaan, membuat planning masa depan.

 

Lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah value diri kita, membuat kita manusia yang lebih baik walaupun sedikit. Ketahuilah bahwa handphone kita dapat menghubungkan kita dengan dunia luar namun juga dapat mengisolasi kita dalam kesepian. Jadi, cobalah isi hari-hari kita dengan hal-hal aktif untuk hindari overthingking. Ketika sudah tau hal apa saja yang bisa dikerjakan selain hanya pasif scrolling sosial media, mulai untuk dominasi hari-hari kita dengan hal-hal aktif tersebut.

 

Namun, jika kita sudah melakukan hal-hal aktif ini tetapi tetap tidak ada perubahan, tetap saja masih overthingking atau bahkan sangat kesulitan untuk melakukan hal-hal aktif tersebut seeking a professional's help won't hurt. Coba untuk daftar konseling dengan psikolog kalau pikiranmu sudah benar-benar mengisolasi dirimu dan mengganggu aktivitas sehari-harimu. Konseling dengan psikolog itu juga merupakan hal aktif juga.

 

Penulis : Zahra Fatiyatul  Aula

MahasiswaKomunikasi dan Penyiaran Islam /6D

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo