Blogger news

Pentingnya Media dalam Ruang Lingkup Kehidupan Masyarakat

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Keberadaan media ini dikatakan penting dalam ruang lingkup kehidupan masyarakat karena keberadaan media itu berpengaruh sekali terhadap kehidupan masyarakat. Di mana, dengan keberadaan media ini mampu membentuk opini, mengubah perilaku, bahkan mengubah pola pikir masyarakat.
 
Dengan hadirnya media tentunya seperti yang kita ketahui media tersebut mampu membawa nilai positif bagi kehidupan masyarakat atau sebaliknya membawa nilai negatif. Dan pastinya aktivitas masyarakat dalam bermedia itu diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif.

Dan seperti yang kita ketahui, saat ini perkembangan perilaku sosial masyarakat itu dominan dipengaruhi oleh media. Di mana, media itu punya agenda setting dan framing untuk mengkonstruksi sesuatu hal atau peristiwa yang berdampak luas bagi masyarakat. Dan tentunya hal itu terjadi seiring dengan terus berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan sifat media yang terbuka, kemudian perilaku masyarakat berubah secara drastis terutama perilaku keagamaannya. Dan hal itu disebabkan karena transformasi media terkadang masyarakat mengabaikan nilai-nilai agama. karena, kebanyakan masyarakat terutama kalangan remaja dan anak-anak tidak selektif dalam mengakses informasi dari media.

Namun di sisi lain, media juga memberikan kontribusi positif terhadap perilaku masyarakat, termasuk di bidang keagamaan. Misalnya bisa dilihat dari adanya beragam acara keagamaan di media. Maka diantara kontribusi media yaitu membangun sikap kritis masyarakat akan adanya keterbukaan informasi media tersebut. Oleh karena itu, kehadiran media itu harus direspon sehingga memberikan kontribusi terkait hal-hal yang positif.

Penulis: Witriani Siti Safarina

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo