Blogger news

Hubungan Teori Bigbang dengan Al-Quran Surat Fushilat Ayat 11

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Menurut teori bigbang, alam semesta terbentuk dari suatu massa  yang berbentuk gas dan besar, serta mempunyai berat jenis yang sangat besar meledak dengan hebat karena adanya reaksi inti, karena di dalam massa terjadi reaksi inti, sehingga reaksi itu menjadi meledak, kemudian massa itu kemudian berserak mengembang dengan waktu yang sangat cepat menjauhi pusat ledakan.
 
Kemudian setelah berjuta-juta tahun lamanya, massa yang berserakan itu membentuk suatu kelompok-kelompok yang berat jenisnya relatif lebih kecil. Itulah kelompok-kelompok galaksi yang ada sampai sekarang. Galaksi-galaksi itu terus bergerak menjauhi menjauhi titik pusatnya.
 
Teori bigbang ini didukung oleh fakta pengamatan tentang galaksi, bahwa galaksi-galaksi yang ada di alam semesta itu memang bergerak menjauhi titik pusat yang sama. Dan teori bigbang ini juga diperkuat dengan ayat-ayat dalam Al-Quran. Diantara ayat Al-Quran yang membahas tentang pembentukan alam semesta ini adalah Al-Quran Surat Fushilat ayat 11

Hubungan antara teori bigbang dengan Al-Quran Fushilat ayat 11 yaitu menurut Al-Quran Surat Fushilat ayat 11 dijelaskan bahwa "kemudian dia menuju kepada penciptaan langit dan dia (langit itu masih merupakan) asap dukhan.." jadi bahan dasar alam semesta itu adalah asap atau gas, yang kemudian disebut oleh ilmuan sebagai nebula primitif.

Dan ada pula Ilmuan yang bernama Dr. Maurice Bucaille juga menguatkan hal tersebut dengan menegaskan bahwa dukhan itu terdiri dari lapisan gas dan bagian-bagian kecil yang kemungkinan berada dalam tahap cair (seperti menjadi embun) atau padat (seperti menjadi planet-planet) pada tekanan tertentu, pada suhu rendah atau tinggi misalnya menjadi api.

Penulis: Witriani Siti Safarina

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo