Blogger news

Fomo, Bukan Sekedar Tren Biasa di Media Sosial

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Fomo, Feat Of Missing Out merupakan rasa takut merasa Tertinggal. Karena tidak mengikuti hal terbaru dari aktivitas tertentu. Fomo bisa sampai pada tahap perasaan yang cemas dan takut yang muncul pada diri seseorang yang di akibatkan ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren, dan hal lainya yang baru saja terjadi. Perasaan pada persepsi rasa takut tertinggal ini berpacu pada orang lain yang sedang bersenang-senang, menjalani kehidupan yang baik dan teratur.  Apalagi saat ini zaman era digital yang begitu berkembang dengan pesat, dan juga memiliki koneksi yang tak terhingga, serta perkembangan Teknologi yang kian meningkat menjadikan pemacu untuk menjadikan hal tersebut sebagai hal penyebab terjadinya Fomo. 

Melalui media social instagram bisa di lihat bagaimana Fomo nya seseorang akan hal baru dalam instagram, karena instagram merupakan aplikasi yang sedang menjadi salah satu aplikasi yang paling di gemari dan banyak memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk update story video/foto, atau yang di sebut dengan Insta story, seperti saat orang memakai baju yang sedang tren ataupun sepatu dan membagikannya ke insta story, maka disinilah para viewer dapat memicu muncul nya perasaan cemas karena kita tidak bisa mengikuti hal tersebut, dengan begitu membandingkan diri dengan orang tersebut. Kemudian ada juga yang tidak ingin merasa tertinggal dengan berita-berita yang terbaru mengenai segalah hal yang terjadi. Jika itu terjadi maka diri nya akan cemas karena merasa paling tidak tau apa-apa. 

Oleh karena itu kita harus mewaspadai gejala-gejala Fomo dibawa ini. 
1. Selalu mengecek gadget. Seseorang yang mengalami fomo tidak akan lupa untuk mengecek hp untuk melihat suatu hal yang baru di media sosial. 
2. Lebih mementingkan dunia media sosial dari pada dunia nyata. Itu menyebabkan kurang adanya kepuasan dalam diri dan ingin selalu di akui oleh orang lain. 
3. Kepo, atau selalu ingin tahu tentang kehidupan orang lain. 
4. Tidak ingin tertinggal mengenai gosip terbaru 
5. Mengeluarkan uang melebihi kemampuan diri dan membeli hal yang tidak penting agar tidak ketinggalan zaman.
6. Selalu menerima ajakan orang lain, karena tidak ingin tertinggal dan di anggap tidak mampu.

Pada dasarnya perasaan Fomo yang di biarkan dapat menimbulkan hal negatif seperti kelelahan, stres, depresi, dan bahkan insomnia. Sebenarnya hal ini merupakan ketidak puasa. Seseorang pada hidup mereka dan merasakan apa yang di lakukan dan di miliki seakan tidak pernah cukup. Maka dari itu kita harus fokus pada diri sendiri, membatasi diri dengan media sosial dan gadget. Memperbanyak pencarian terhadap koneksi yang nyata, dan juga menghargai diri sendiri, dengan tampil apa adanya tanpa mengikuti orang lain.

Penulis: Shofwah Annisa 
Mahasiswa Uin Sgd Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo