Blogger news

Curug Cinulang, Hidden Gems Di Bandung Timur

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi



Curug Cinulang yang terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Terletak di pedesaan, Curug Cinulang menawarkan suasana yang sangat memukau. Udara masih terasa segar dan sejuk, dengan pepohonan yang rimbun di sekitar area wisata. Pengunjung akan menikmati pemandangan hijau dari pepohonan yang telah tumbuh dengan usia yang sangat tua, menciptakan suasana yang asri dan menyenangkan.

Salah satu keistimewaan Curug Cinulang adalah adanya dua air terjun yang berdampingan. Tinggi masing-masing air terjun di Curug Cinulang mencapai sekitar 30 meter dan memiliki aliran air yang sangat deras. Meskipun berdekatan, kedua curug ini memiliki debit air yang berbeda. Satu air terjun memiliki debit air yang tinggi dengan aliran yang deras, sedangkan air terjun di sampingnya memiliki debit air yang lebih kecil.

Dinding batu yang dilewati oleh air terjun memiliki warna hitam alami. Hal ini disebabkan oleh percikan air dari air terjun yang terus mengenainya. Di beberapa area, terdapat lumut hijau yang menutupi permukaan batu, serta tanaman rambat dan semak-semak kecil yang tumbuh di antara celah-celah batu tersebut.

Dengan harga tiket yang ramah di kantong yaitu Rp. 20.000/orang, maka tak heran jika Curug Cinulang ramai oleh pengunjung terutama saat weekend. Tiket nantinya akan ditukar dengan minuman oleh petugas. Di dekat pintu masuk, pengunjung akan disuguhi oleh iringan musik dengan suara penyanyi yang enak didengar. Disekelilingnya terdapat puluhan bola yang digantung diatas untuk menarik perhatian pengunjung berswa foto.

Pengunjung diharuskan untuk berjalan ke bawah dan melewati anak tangga terlebih dahulu untuk bisa melihat keindahan Curug Cinulang. Di depan Curug tersebut, terdapat sebuah jembatan yang instagramable dengan background air terjun mengalir deras. Siapapun, pasti akan takjub melihat keindahan Yang Maha Kuasa.

Bagi para pecinta fotografi, Curug Cinulang juga menawarkan beragam spot menarik untuk mengabadikan momen indah. Pemandangan air terjun yang menawan, batu-batu besar yang terhampar di sekitarnya, serta hijaunya pepohonan menjadi latar yang sempurna untuk mengambil foto yang memukau. Tidak heran jika Curug Cinulang sering dijadikan destinasi oleh para fotografer profesional maupun penggemar fotografi.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat merasakan sensasi menyegarkan dengan mandi di kolam alami yang terbentuk di bawah Curug Cinulang. Air yang jernih dan segar akan membuat segala kelelahan terasa hilang seketika. Namun, tetaplah berhati-hati dan patuhi petunjuk keselamatan saat berada di sekitar air terjun.

Saat ini, pengelolaan Curug Cinulang masih dilakukan secara tradisional oleh penduduk setempat. Meskipun demikian, wisata alam air terjun ini tetap menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari kalangan lokal maupun luar kota.



Penulis : Risalina (Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo