Blogger news

Batasan Aurat Bagi Wanita Muslimah! Masih Banyak yang Belum Mematuhi

KOPIDMEDIA.COM- Agama Islam sangat menghormati wanita, maka aturan berpakaian sangat di atur untuk wanita di dalam islam. Mengutip buku Islam dan Batasan Aurat Wanita oleh Nuraini dan Dhiauddin disebutkan pengertian dari aurat adalah bagian dari tubuh orang Islam baik laki-laki maupun wanita yang tidak boleh dinampakkan pada orang lain, kecuali mahram dan suami isteri.

Adapun Hadits yang menjelaskan bahwa menutup aurat merupakan sebuah kewajiban terdapat pada Hadits Riwayat Abu Daud dari Aisyah yang berbunyi,
"Dari Aisyah R.a, bahwa sesungguhnya Asma binti Abu Bakar masuk ke rumah Rasulullah SAW dan ia memakai baju yang tipis, lalu Rasulullah berpaling darinya dan bersabda: "Asma....! jika seseorang perempuan telah datang masa haidnya, ia tidak dibenarkan menampakkan auratnya. kecuali ini dan ini sambil menunjukkan wajah dan pergelangannya." (Rasulullah SAW)." (HR. Abu Daud)

Firman Allah tentang perintah menutup aurat tertulis dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Artinya: Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam buku Islam dan Batas Aurat Wanita oleh Nuraini dan Dhiauddin, Jilbab yang dimaksud dalam Surat Al-Ahzab ayat 59 adalah:
a. Jilbab ialah kerudung yang dapat menutup kepala, dada, dan punggung yang biasa dipakai oleh kaum wanita.
b. Jilbab ialah semacam baju kurung yang dapat menutup seluruh tubuh yang biasa dipakai oleh kaum wanita.

Maka bagaimana memenuhi aturan tersebut?
Pertama, dengan menggunakan pakaian yang tidak ketat dan tidak terawang, disarankan memakai pakaian longgar seperti gamis atau abaya.
Kedua, dengan menggunakan kerudung yang menutupi dada dan tidak terawang.
Ketiga, Menutupi pergelangan tangan dengan menggunakan handsock atau baju lengan panjang yang lengan nya tidak longgar atau mudah bergeser.
Keempat, Menggunakan kaus kaki, karena kaki juga merupakan aurat bagi wanita.

Apakah kamu sudah begitu?


Penulis: Nikita Amanda Rahmadani-UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo