Blogger news

Olahraga Panahan! Salah Satu Olahraga Anjuran Rasulullah SAW

KOPIDMEDIA.COM- Olahraga panahan merupakan salah satu olahraga  yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw., disamping olahraga berenang dan berkuda. Olahraga ini membutuhkan ketangkasan, konsentrasi dan juga ketepatan dalam membidik. Oleh kare itu olahraga panahan membutuhkan fisik yang kuat agar dapat menarik busur serta membutuhkan konsentrasi yang tinggi yang berasal dari kemampuan mengendalikan diri.
Dalam firman Allah SWT di Al-qur'an surat Al-Anfal ayat 60, terdapat sebuah kutipan ayat yang artinya:
"Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup.."
Kemudian arti "kekuatan" di dalam ayat tersebut ditafsirkan oleh rasulullah Saw. Yaitu:
"Ketahuilah bahwa yang dimaksud dengn 'kekuatan' itu adalah memanah, beliau mengucapkan kata itu tiga kali". (HR. Muslim)
Olahraga panahan memiliki banyak manfaat bagi yang melakukannya, mulai dari manfaat bagi kesehatan fisik, hingga kesehatan batin. Untuk lebih jelas beberapa manfaat memanah adalah sebagai berikut:
Menyehatkan Jantung, Otot, dan Kaki
Olahraga memanah dapat menyehatkan jantung, oto dan kaki karena gerakannya yang menempatkan tekanan pada otot-otot lengan serta dada, bahu, dan punggung.
Melatih Keseimbangan
Berlatih memanah dapat membantu anda mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Dan semakin sering melakukannya dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan baik.
Melatih Fokus
Dalam olahraga panahan fokus adalah salah satu hal yang paling penting, agar bisa mengenai sasaran dengan baik. Dalam kehidupan semakin fokus dalam target, semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat sehingga membantu Anda dalam menghadapi stres dan permasalahan dalam hidup dengan tenang.
Melatih Kesabaran
Olahraga panahan atau memanah juga membantu melatih kesabaran. Olahraga ini sebenarnya bukan tentang kecepatan, tetapi ketepatan anak panah membidik sasaran dengan jarak yang terbilang jauh. Ketepatan membutuhkan waktu dan kamu sudah pasti harus punya kesabaran yang tinggi untuk memaksimalkan akurasi bidikan.
Relaksasi
Saat melepaskan anak panah dan melihatnya tepat mengenai sasaran, kamu akan merasakan adanya kelegaan yang luar biasa. Manfaat olahraga panahan satu ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat kamu merasa lebih rileks.

Penulis: Nikita Amanda Rahmadani_ UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo