Blogger news

Pentingnya Literasi Digital di Era Digitalisasi

Sumber Foto: Pixabay, https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menggunakan-ipad-35550/


Saat ini, perkembangan teknologi kearah digital mengalami perkembangan yang semakin pesat. Pada era digitalisasi seperti ini, manusia tidak dapat lepas dari berbagai perangkat elektronik. Teknologi menjadi alat bantu untuk memenuhi sebagian besar kehidupan manusia. Peran teknologi ini yang kemudian membawa kehidupan manusia memasuki era digitalisasi.

Era digitalisasi tercipta dengan munculnya digital seperti, teknologi jaringan internet. Semakin canggih teknologi digital di era ini, muncul perubahan-perubahan besar terhadap kehidupan. Media di era digitalisasi ini memudahkan setiap orang dalam menerima dan menyebarkan informasi dengan cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga menjadi lebih praktis dan efisien.

Era digitalisasi telah membawa banyak perubahan, baik yang berdampak positif maupun negatif bagi manusia. Tantangan di era digitalisasi pun masuk ke dalam berbagai bidang seperti, sosial, ekonomi, politik, budaya, pendidikan, pertahanan, keamananan, dan teknologi informasi. Maka, literasi digital begitu penting sebagai tumpuan masyarakat supaya lebih terarah dalam menggunakan teknologi informasi.

Literasi digital merupakan kemampuan pengguna untuk memahami dan mendapatkan suatu informasi dari berbagai sumber yang dapat diakses melalui teknologi digital seperti, komputer, televisi, radio, smartphone, laptop, website, dan lain sebagainya. Kemampuan pengguna untuk memahami dan mendapat informasi dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat menciptakan interaksi yang baik dan hal positif.

Selain itu, literasi digital pun penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Literasi digital mempunyai peran penting dalam mencari, menemukan, menganalisis, memahami, dan mengevaluasi informasi yang banyak bermunculan secara bijak, cermat, cerdas, dan tepat. Literasi digital pun berperan penting dalam kemampuan pengguna supaya dapat membedakan antara informasi yang positif dan bermanfaat dengan informasi yang negatif.

Maka dari itu, mari bersama-sama untuk terus meningkatkan literasi digital di era digitalisasi saat ini yang terus mengalami perkembangan yang semakin pesat. Tanpa adanya pemahaman mengenai literasi digital, penggunaan teknologi digital dapat menjadi tempat yang berbahaya. Dengan adanya literasi digital, masyarakat akan lebih bijak, cermat, cerdas, dan tepat dalam menggunakan teknologi informasi.

Penulis: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo