Blogger news

Pancasila Sebagai Arah Pandang Bangsa

Sumber Foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/arsitektur-bendera-pemerintah-indonesia-11387124/

Pancasila merupakan dasar negara kesatuan republik indonesia, ini adalah suatu pegangan bangsa dalam mendirikan negara indonesia yang harus kita pegang teguh serta diterapkan dalam kehidupan bersosial. Pancasila merupakan etimologis dari bahasa sansakerta kata panca sendiri yang berati lima, sedangkan "syla" artinya batu sendi, pancasila yang menjadi rumusan bernegara dan berbangsa bagi seluruh masyarakat indonesia. Karena itulah penting bagi kita sebagai generasi bangsa yang akan melanjutkan estafet generasi ke generasi untuk membumikan nilai-nilai pancasila kesetiap generasi agar nilai yang teramat penting ini tetap ada untuk berdiri kokohnya bangsa indonesia.

Menanamkan nilai-nilai pacasila sejak dini adalah suatu dasar pendirian bagi setiap anak bangsa dari sejak dini inilah anak bangsa ditanamkan untuk mencintai bangsa indonesia, menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme. Maka dari itu kunci pentingnya keberhasilan sejak dini ini yaitu pendidikan yang dilaksanakan dengan tepat. Menurut Badan Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO) menjelaskan, di usia emas itu pendidikan anak usia dini mempunyai pengaruh penting untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Karena itulah pengaruh menanamkan nilai-nilai pancasila sejak dini sangat amat besar bagi tumbuh kebangnya seorang anak bangsa dari usia dini ini kita dapat membangun generasi bangsa yang mengamalkan nilai-nilai pancasila generasi yang dapat membangun bangsa berlandaskan sikap dan akhlak pancasila. Pemuda yang telah menjiwai nilai pancasila seperti yang dikatakan Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno di dalam pidato nya yang terkenal beliau mengatakan "Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda niscaya, akan aku guncangkan dunia". Presiden Ir. Soekarno merupakan seorang visioner maka potongan pidato itu bukanlah bualan semata kata-kata Soekarno ini dapat menjadi isyarat bahwasalnya anak muda adalah kekuatan besar bangsa indonesia untuk menjadikan bangsa indonesia yang di segani dunia.

Nilai-nilai pancasila mengandung segala aspek kehidupan baik beragama, bersosial, bermusyawarah dan lainnya. Salah satu nilai yang terkandung di dalamnya ialah Persatuan Indonesia, nilai yang membumikan persatuan indonesia dimana negara kita terdapat banyak sekali suku dan budaya yang berbeda hal ini dapat menjadi kekuatan besar namun juga bisa menjadi bumerang bagi negara indonesia. Namun sesuai dengan sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 oktober tahun 1928 yang didalam sumpah tersebut mengimplementasi persatuan bangsa disitulah kita dapat mengkokohkan persatuan melalui golongan muda. Indonesia mempunyai semboyan yang dapat mengatasi perbedaan itu yaitu 
Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi satu, semboyan ini telah lahir sejak zaman kerajaan majapahit dimana di kemukakan oleh Mpu Tantular dalam kitab santosa yang dibuatnya pada abad-14 M. Dibalik perbedaan yang dapat mempersatukan menghasilkan kekuatan besar akan tetapi ketahuilah perbedaan suku atau etnis di suatu negara dapat menjadi penyebab perpecahan seperti pada tahun 1991 negara Yugoslavia mengalamin perpecahan yang membuat perang antara negara-negara bagian di yugoslavia di antara negara-negara bagiannya yaitu Bosnia dan Hergezovina, Kroasia, Makedonia, Slovenia, Serbia, serta Vojvodina dan Kosovo.

Kehancuran negara yugoslavia yang mengakibatkan perpecahan didalamnya menjadi pelajaran penting bagi negara-negara didunia bahwa persatuan itu kekuatan besar untuk mempertahankan berdirinya suatu negara. Indonesia mempunyai warisan tekad persatuan dari nenek moyang bangsa, Bhineka Tunggal Ika adalah jimat sakti persatuan indonesia rasa persaudaraan yang terlahir sejak lama yang membangkitkan jiwa untuk saling melindungi bangsa indonesia. Dan di sinilah peran pemuda ikut andil dalam persatuan indonesia, setelah tertanamnya nilai-nilai pancasila sejak dini kelak negara indonesia akan menikmati para pemuda yang gagah berani mengorbankan waktu, fikiran dan jiwa, raganya untuk mempertahankan bangsa indonesia untuk terus mengembangkan kemajuan negara ini.

Itulah kenapa Ir. Soekarno sangat menginginkan pemuda-pemudi yang berjiwa pancasila demi keutuhan bangsa indonesia, salah satu pencegahan dari perbedaan itu menghadirkan rasa persaudaraan yang tinggi dikalangan para pemuda disaat persaudara telah mencapai puncak selamanya indonesia akan terus berdiri walau darah terakhir harus menetes.

Mengenalkan pancasila digenerasi minelia merupakan tantangan besar karena di era digital seperti sekarang haruslah mudah bagi kita untuk membumikan nilai pancasila, lakukanlah hal-hal kreatif yang dapat memperkenalkan nilai pancasila kedepan publik indonesia. Buatlah gerakan yang memunculkan rasa keberanian untuk mencitai bangsa sendiri, buatlah masyarakat indonesia mencintai tanahnya sendiri, mencintai produk dan karya bangsanya sendiri. Buatlah pemikiran yang dapat mengubah bangsa tidak penting seberapa besar tapi lakukanlah walau itu hal kecil karena dari hal kecil itu terdapat pengaruh yang besar.

Bangsa kita bangsa yang besar yang menghormati para pahlawan menjunjung pengorbanan mereka. Tidak ada rasa takut untuk membela tanah air jiwa raga kami untuk ibu pertiwi tidak akan lapuk oleh waktu sama seperti para pahlawan kami yang telah gugur dalam tugas membela tanah air. Menanamkan diri sebagai bangsa yang menghormati jasa para pahlawan membuat kita menjadi lebih besar dengan sejarah kepahlawan bangsa. Tidak melupakan jasa mereka merupakan jiwa nasionalisme bangsa.

Setiap negara mempunyai visi untuk kedepan dan visi ini tidak mungkin diselesaikan dalam satu generasi namun perlu bantuan generasi dimasa depan untuk mencapai visi bangsa indonesia. Maka dari itulah mempersiapkan generasi terbaik dari sekarang merupakan hal yang bijak untuk mewujudkan visi Negara kesatuan Republik Indonesia, dengan cara pendekatan yang tepat bagi generasi muda melalu pendidikan yang efektiflah nilai pancasila cepat tertanam dalam diri para pemuda indonesia.

Peran pemuda membumikan pancasila berpengaruh sangat besar dalam kehidupan bernegara karena pemudalah yang mengerti sikap generasi di era sekarang. Melalu organisasi kepemudaan bukan tidak mungkin nilai-nilai pancasila di fahami, dengan cara pendekatan seperti itu pemuda bangsa dapat berperan dalam kemajuan bangsa. Menggunakan tenaga para pemuda pergerakan di segala sektor dapat di laksanakan dengan efektif dan cepat menghasilkan hal positif. Waktunya golongan tua mempercayakan anak muda untuk belajar mengelola dalam permasalah dan pengembangan kemajuan negara indonesia, pemikiran mereka haruslah mendapatkan pengalaman dalam pemerintahan.

Demi mencapai tujuan bangsa yang berlandaskan nilai-nilai pancasila maka pentinglah semua masyarakat indonesia turut ikut andil dalam pelaksanaannya, tanpa kerjasama di semua unsur masyrakat itu akan sulit bangsa mencapai tujuan di semua aspek dalam mengembangkan negara indonesia. Kesadaran diri masyarakat itu yang menjadi kunci sukses keberasilan suatu bangsa dan dengan menanamkan sifat-sifat pancasila di dalam diri masyarakat itu yang akan menghasilkan kesadaran pada masyrakat.

Di setiap tujuan haruslah di iringi oleh progres kerja yang di laksanakan secara konsisten tanpa ada penurunan progres untuk menjadikan indonesia yang di segani dunia. Ketika kita memiliki visi atau tujuan pastilah kita juga membutuhkan rencana yang matang untuk mengcapai tujuan bangsa, disinilah pemikiran dari seorang visioner di butuhkan. Setiap pemuda menyumbangkan pemikirannya untuk nusa dan bangsa, pemikiran yang kreatif yang dapat memecahkan permasalahan negara membatu dalam progres untuk mengembangkan kemajuan negara.

Menyumbangkan pemikiran dan tenaga untuk negara bagi seorang pemuda itu layaknya kewajiban yang harus dilaksanakan, itu akan mudah dilaksanakan dalam praktek nya jika seorang pemuda sudah tertanam nilai pancasila karena tanpa di suruh pun rasa tanggung jawab anak bangsa akan bergerak sendiri. Inilah mengapa penting sekali mengamalkan dan membumikan nilai-nilai pancasila, karena mereka pemuda yang menanamkan nilai pancasila dalam diri adala para penggerak perubahan bangsa indonesia. Sangat pentingnya pengamalan nilai pancasila dalam bernegara semoga dengan tulisan yang saya sampaikan ini dapat membangkitkan kesadaran diri kita semua untuk membumikan pancasila.

Penulis : Roby Firdaus
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo