Blogger news

Mental Health Awareness

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mental health awareness is the ongoing effort to reduce the stigma around mental illness and mental health conditions by sharing our personal experiences.

Mental Health pada zaman sekarang tentunya menjadi salah satu priotas manusia untuk tetap bertahan hidup. Ini menjadi salah satu acuan seseorang untuk tetap menjaga dirinya dari apa-apa yang membuatnya hilang arah. Karena, kesadaran manusia jika tidak dibarengi dengan kekuatan iman, ya solusi lainnya hanya dengan kesehatan mental yang kuat. Banyak sekali fenomena diluaran sana yang seringakali kali terjadi dan kita dengar bahwa begitu banyak orang yang mengakhiri hiduppnya hanya karena mental yang tidak sehat, dan dianggap tidak sanggup menangani suatu masalah.

Kesadaran adalah salah satu bentuk daripada pendidikan. Semakin banyak kita tahu, semakin banyak kekuatan pula yang dimiliki. Pengetahuan adalah kekuatan. Kekuatan inilah yang dapat melahirkan efek positif pada masyarakat. Kesadaran adalah kunci untuk lenih dalam lagi memahami apa itu kesehatan mental dan bagaimana sih para penderita gangguan kesehatan mental beserta anggota keluarga dapat menerima bantuan yang sangat mereka butuhkan. Kurangnya kesadaran masyarakat kita ini akan kesehatan mental bukan hanya masalah "mereka", melainkan masalah kita sebagai masyarakat.

Mental Health atau kesehatan mental adalah segala kondisi yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Hal ini tentunya menjadi suatu penyebab orang orang terpengaruh dalam pola fikirnya, berindak maupun merasa. Ini juga menentukan seseorang bagaimana bisa dia tangani stress dengan memiliki mental yang kuat, hal ini sangatlah penting bagi seseorang tentunya untuk lebih memperhatikan kembali kesehatan fisiknya. 

Seseorang yang dianggap sehat dari kesehatan mentalnya bukan berarti dia orang yang bebas dari gangguan jiwa. Menurut World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa individu yang sehat secara mental adalah individu yang dapat menyadari setiap potensi yang ia miliki, mampu mengelola stres yang wajar, dapat bekerja secara produktif, serta mampu berperan dalam komunitasnya. Oleh karena itu, kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, begitu banyaknya manusia yang menghabiskan waktu untuk bekerja. mau itu sebagai sebagai pegawai perkantoran, rata rata manusia menghabiskan waktu 8 jam dalam satu hari untuk bekerja, kemudian biasanya hal itu dilakukan selama 5 hari dalam satu minggu. Bisa dilihat pekerjaan sudah menjadi top priority dalam kehidupan manusia, karena memang dari pekerjaanlah seseorang mendapatkan penghasilan dan penghidupan.

Menunjukan rasa hormat, adil, dan aman dianggap menjadi sebuah antek antek bagi orang orang yang tentunya merasa memiliki mental yang tidak sehat, oleh karena itu, kita sebagai orang yang sudah paham dan tahu mengenai begitu pentingnya kesehatan mental, mari gerakan bersama sama demi mewujudkan tatanan kehidupan manusia baik dan aman. 

 

Silmie Rusydiani Sholihah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo