Blogger news

Hidup Ala Rasulullah

Sumber foto : https://id.pinterest.com/pin/1017109897068115696/
Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk semua manusia, karena dengan kita menjaga kesehatan tubuh dapat membuat seseorang bisa menjalankan aktivitas dengan jiwa yang baik dan pikiran yang seimbang.
Memiliki tubuh yang sehat merupakan harapan semua orang. Sehat itu adalah nikmat yang Allah Ta'alla anugerahkan kepada seluruh umat nya, maka dari itu sehat wajib kita syukuri. Jangan sampai setelah sakit baru kita sadari bahwa sehat adalah nikmat yang luar biasa.
Salah satu factor yang menyebabkan seseorang tidak menjaga kesehatan dengan baik adalah kurangnya pengetahuan. Rasulullah Salallahu alaihi wasallam sebagai sosok teladan bagi umat muslim telah mengajarkan umatnya tentang cara hidup sehat.
Banyak yang bisa kita teladani dari sifat sifat Rasulullah beserta dengan kebiasaan-kebiasannya. Bukan hanya dalam persoalan agama saja, namun dalam kehidupan sehari hari nya saja kita bisa teladani pola hidup sehat Rasulullah.
Rasulullah mendorong kita untuk memberi tubuh makanan yang layak dan yang  pasti halal, istirahat yang cukup dan aktivitas fisik. Aktivitas ini yang akan memberi kekuatan dan energy untuk meningkatkan amal ibadah kita dan mendekatkan diri kepada Allah dengan pikiran yang seimbang.
Allah Ta'ala berfirman dalam qur'an surat Ali imron ayat 168, "Hai manusia! Makanlah yang halal dan baik di bumi dan janganlah mengikuti jejak syaitan. Sesungguhnya dia bagimu musuh yang nyata."
Dengan ayat tersebut, Allah tidak hanya menyuruh makan yang halal saja tetapi juga yang sehat.  Berikut ini kebiasaan yang bisa dipelajari dan diikuti tentang gaya hidup sehat Rasulullah
Makan secukupnya dan tidak berlebihan
Cara hidup sehat ala Rasululah yang pertama itu ialah makan secukupnya dan tidak berlebihan, karena Rasulullah menganjurkan kepada umat nya untuk tidak makan secara berlebihan.
Bukan tanpa alasan tentunya Rasulullah mengajarkan hal tersebut. Apabila makan dengan berlebihan khawatir akan menimbulkan kerugian, seperti makanan yang tidak habis karena mengalami mual dan muntah karena merasa kekenyangan.
Dari Aisyah RA, "Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perunta dengan dua jenis makanan. Ketika sudah keying dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti."
Dalalm Quran Surat Al-Araf ayat 31 pun ada sesuai dengan perintah Allah
"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."
Olahraga
Rasulullah sangat menganjurkan aktivitas fisik. Rasulullah memiliki beberapa olahrga favorit meliputi memanah, berenang, menunggang kuda dan unta, dan juga berlari.
Orang yang berolahraga secara teratur meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, dan juga orang yang teratur olahraga memiliki kemungkinan hingga 24% lebih kecil untuk terkena kanker tertentu.
Menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh.
Cara hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya ialah menjaga kebersihan. Dalam Islam terkenal akan kebersihan sebagian dari iman. Ini tidak hanya menyangkut perihal sahnya ibadah, namun dengan menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya kita menjaga kesehatan kita.
Apabila lingkungan sangat kotor tentu akan tinggi risikonya untuk timbul berbagai sumber penyakit seperti demam berdarah.
Hal yang membahas tentang kebersihan tersebut telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, "Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR Tirmidzi).

Cara hidup sehat selanjutnya ialah menjaga kebersihan tubuh. Dari kebersihan lingkungan, lalu beranjan pada kebersihan tubuh. Nabi Muhammad sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Karna dengan bmenjaga kebersihan tubuh, tubuh akan menghindarkan seseorang dari penyakit.
Berdasarkan Hadits Riwayat Muslim dan Tirmidzi yang mengatakan, "Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan tidak melebihi 40 hari."
Dan akhirnya, sebagai umat muslim tentu wajib untuk mengikuti berbagai sunnah dan tuntunan salah satunya cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut, agar tidak mendapat kerugian di masa yang akan datang.

Penulis : Tazkia Aulia Rahmah 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo