Blogger news

Destinasi Alam Sejuk Di Situ Patenggang


Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Situ Patenggang adalah salah satu tempat wisata di kawasan Bandung Selatan atau lebih tepatnya di kawasan Ciwidey. Situ Patenggang memiliki keindahan danau dan suasana alam khas Ciwidey serta udara sejuk yang begitu menyegarkan yaitu keindahan Situ Patenggang dilengkapi dengan pemandangan hijau kebun teh. 

Suasana destinasi wisata ini semakin indah saat kabut turun dan menyelimuti Situ Patenggang. Suhu kawasan wisata ini menjadi semakin sejuk karena menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Mereka yang tinggal di Jakarta bisa menjadikan Situ Patenggang sebagai tempat pelarian singkat dari hiruk pikuk Jakarta.

Air danau yang tenang dan luas serta kabut putih yang sejuk membuat tempat wisata ini semakin menyejukkan. Mereka yang menghabiskan waktu di sana bisa menikmati romantisme berkeliling danau dengan perahu sewaan di sini. 

Saat Anda berkeliling danau ini, Anda akan menemukan sebuah tempat di tengah danau yang disebut Batu Cinta. Anda juga bisa singgah sejenak di Pulau Cinta yang berada di tengah danau. Sedikit informasi tentang sejarah Situ Patenggang yang telah dihimpun dari berbagai sumber, telaga sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti telaga. Namun, Patenggang berasal dari kata patenggang yang artinya saling mencari.

Situ Patenggang menjadi terkenal dengan cerita rakyatnya. Legenda ini tentang hubungan cinta. Dua titisan dewa bernama Raden Santang dan Dewi Rengganis ini konon sudah lama berpisah. Mereka kemudian mencari satu sama lain dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sekarang dikenal dengan nama Batu Cinta. Dewi kemudian meminta Rengganis untuk membuatkan mereka danau dan perahu. Perahu itu kemudian menjadi sebuah pulau di tengah Situ Patenggang. 

Situ Patenggang juga dekat dengan tempat wisata lain seperti Glamping Lakeside Rancabali. Glamping Lakeside Rancabali dan Pinisi Resto yang ikonik terletak di sekitar Situ Patenggang. Jadi bagi yang ingin istirahat sambil makan dan ngopi enak bisa mampir ke Bahtera Resto atau lebih dikenal dengan Pinisi Resto. 

Selain Resto Penisi ini, ada tempat makan lain di sekitar danau. Jadi anda bisa menikmati keindahan kawasan Situ Patenggang sambil pemanasan dengan minum bandrek.

Penulis : Roby Firdaus, 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo