Blogger news

Bung Hatta: Sosok Proklamotor Dengan Keteladananya



Dr. H. mohammad hatta lahir yang kerap di sapa dengan Bung Hatta ini lahir pada 12 agustus 1902, di Fort De Kock hindia belanda yang saat ini bertempatan di Bukit Tinggi, Sumatra Barat, Indonesia. Bung Hatta merupakan anak kedua dari pasangan Muhammad djamil dan siti salehah, yang beralasal dari Minangkabau. Ayahnya merupakan keturunan Ulama Naqsyabandiyah di Batuhampar Sumatra Barat. Dan Ibunya berasal dari keluarga pedagang dari Bukit Tinggi. Ia lahir dengan nama Muhammad athar yang mana berasal dari Bahasa arab yang berarti harum. Mohammad hatta memiliki saudara kandung yang Bernama rafiah yang lahir pada tahun 1900. Akan tetapi ayah nya meninggal dunia pada saat ia masih berumur tujuh bulan, setelah kematian ayahnya, ibunya menikah Kembali dengan agus haji ning, seorang pedagang yang berasal dari Palembang.

Mohammad hatta mengenyam Pendidikan formal di sekolah swasta. Dan kemudian setelah enam bulan sekolah ia pindah ke sekolah rakyat. Di pertenganhan sekolah ia pindah ke ELS (europese largere school) yang bertempatan di padang. Pada tahun 1916. Kemudian melanjutkan Pendidikan nya di MULO (meer uirgebreid lagere school) pada tahun 1919. Kemudian melanjutkan sekolah di Handel Middlebare School pada tahun 1921. Dan terakhir di Nederland Handelshoge school pada tahun 1932.

Mohammad hatta merupakan seorang tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia, pahlawan nasional, negarawan, dan merupakan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai wakil presiden pertama yang mendampingi bung karno. Beliau-beliau ini merupakan seorang proklamator kemerdekaan, yang mana memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan belanda sekaligus memproklamirkannya pada tanggal 17 agustus 1945.

Keteladanan bung hatta yang dapat di teladan warga negara indonesi termasuk remaja yang menjadi penerus bangsa. Yang mana beliau adalah sosok yang memiliki kepribadian yang sederhana. Bukan menjadi rahasia umum bahwah bung hatta adalah sosok yang akrab saat disapa dengan kesederhanaannya. Ia juga pernah meminta asistenya untuk mengembalikan dana taktis wakil presdiden yang dimana itu adalah haknya. Beliau juga memiliki sikap disiplin terhadap segalah hal. Dan dari watak nya yang disiplin itu, terdapat 1 kedisiplinan yang sulit dilakukan oleh manusia pada umumnya yaaotu disiplin pada diri sendiri, yang mana beliau memiliki schedule yang sangat teratur. Beliau juga merupakan sosok sang pemberi nasihat kepada orang lain dan juga terlebih pada orang terdekatnya. Beliau juga aktif mengikuti organisasi. Ketertarikannya pada politik terlihat pada waktu ia bersekolah. Yang mana beliau aktif mengikuti segalah aktifitas organisasi. Yang mana bung hatta mampu dan dapat memimpin delegasi kongres demokrasi internasional  untuk acara perdamaian di prancis, yang di hadiri oleh tokoh-tokoh penting umumnya pemimpin pergerakan buruh. Ini adalah sikap dan sifat sang proklamator Indonesia yang sangat mendedikasi orang banyak dan juga pemuda-pemudi Indonesia penerus bangsa.

Shofwah Annisa

Mahasiswa UIN SGD BANDUNG

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo