Blogger news

Warga Berburu Takjil Sambil Ngabuburit di Alun-Alun Tanjungsari

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Mediakopid.com, Sumedang- Ngabuburit sambil berburu takjil menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Salah satu tempat ngabuburit  sambil berburu takjil yang sering dikunjungi warga Tanjungsari yaitu Alun-Alun Tanjungsari sampai Pasar Bako Tanjungsari. Hampir setiap sore tempat ini selalu ramai dikunjungi warga, Minggu (09/04/2023).

Warga dapat berburu takjil mulai dari makanan ringan, makanan berat, sampai beraneka macam minuman tersedia disana. Ada juga makanan khas Sumedang, seperti tahu. Makanan khas di bulan Ramadan pun ada disana seperti gorengan, kolak, candil, es buah, es kelapa muda, sirup, dan minuman segar lainnya.

Menurut salah seorang warga Tanjungsari, Wandi mengatakan setiap bulan puasa Alun-Alun Tanjungsari pasti padat. Biasanya orang-orang ngabuburit, ada yang hanya sekedar nongkrong menunggu waktu berbuka, ada yang olahraga, ada yang jalan-jalan bersama keluarga dan jadi tempat untuk berburu takjil dan makanan untuk berbuka.

"Pedagangnya banyak dibanding dengan hari biasa, karena banyak juga pedagang musiman yang jualan takjil seperti kolak, es buah, kurma, dan lain-lain. Makanannya juga banyak pilihan, ada bakso, mie ayam, tahu Sumedang, martabak, ayam bakar, nasi goreng, sate, pokoknya banyak deh, sampe kadang bingung mau beli apa," kata Wandi, Minggu (09/04/2023).

Wandi menambahkan karena banyak warga yang datang untuk ngabuburit atau sekedar beli takjil pasti terjadi kemacetan. Untuk keamanan dan kenyamanan warga, sejumlah aparat kepolisian berjaga di lokasi dan di sejumlah titik untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan hal yang tidak diinginkan.

"Alun-alun ini kan pusat kecamatan ya, jadi beragam fasilitas ada disini, mulai dari fasilitas pemerintahan, keagamaan, kesehatan, rekreasi dan tentu saja menjadi fasilitas ekonomi untuk warga Tanjungsari dan sekitarnya. Di bulan puasa seperti ini, tempat ini menjadi salah satu opsi sebagai tempat ngabuburit paling lengkap, dan yang pasti disini pilihan kuliner untuk menu berbukanya juga banyak," pungkas Wandi, Minggu (09/04/2023).

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI 6 D, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo