Blogger news

Stop Buang Sampah Sembarangan, Sayangi Lingkungan

Sumber Foto: Pinterest
Sampah menjadi salah satu masalah yang tidak terhindarkan dan harus dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia. Di mana, setiap harinya kota-kota di Indonesia rata-rata menghasilkan berpuluh-puluh ton sampah. Dan tradisi membuang sampah sembarangan di Indonesia seakan-akan sudah menjadi sesuatu yang biasa. Fenomena tersebut bisa kita lihat dari banyaknya sampah di jalanan ataupun di sungai dan tempat lainnya.

Apakah mungkin hal tersebut terjadi karena masyarakat tidak mengetahui dampak dari membuang sampah sembarangan? Bisa saja itu terjadi, tapi mungkin kebanyakan masyarakat mengetahui dampak dari membuang sampah sembarangan, hanya saja kurangnya kesadaran mereka dan mereka menganggap sepele dampak atau kerugian yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan.

Dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan diantaranya; tentu bisa merusak dan mencemari lingkungan, merusak pemandangan, menghadirkan bau yang tidak sedap, sampai pada mampu mendatangkan banjir, dan juga bisa mendatangkan penyakit. Diantara penyakit yang bisa ditimbulkan yaitu kolera dan tifus yang penyebarannya itu sangat cepat karena bakteri atau virus yang berasal dari sampah.

Oleh karena itu, mari kita tinggalkan kebiasaan membuang sampah sembarangan dan mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena yang paling efektif untuk mengendalikan sampah adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari diri sendiri, dan dari sana kita pun akan bisa menyelamatkan keluarga dan lingkungan kita. Selain kesadaran dari diri sendiri, juga diperlukan peran pemerintah dalam melakukan kontrol sosial kepada masyarakat agar bisa lebih menghargai lingkungan dan diharapkan bisa meminimalkan kerusakan lingkungan.

Oleh: Witriani Siti Safarina, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo