Blogger news

Maksimalkan Waktu Agar Tetap Produktif Selama Bulan Ramadan

Sumber Foto: Pexels
 
Bulan Ramadan menjadi momen paling dinanti-nantikan oleh semua umat muslim di seluruh dunia.  Pada bulan tersebut, kita menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Namun, tidak sedikit orang mengalami tingkat produktivitas yang menurun, karena perubahan pola hidup saat menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Ibadah puasa bukan sebuah alasan untuk tidak tetap produktif. Apalagi, ibadah selama bulan puasa menjadi sebuah momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Untuk itu, berikut cara-cara yang dapat dilakukan agar tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa.

Pertama, di bulan Ramadan kita dapat memanfaatkan waktu untuk terus memperbanyak ibadah. Selain menjalankan ibadah wajib, kita juga dapat menjalankan ibadah sunnah lainnya, seperti menjalankan solat terawih, memperbanyak membaca solawat dan zikir, bersedekah, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, bulan Ramadan menjadikan kita lebih produktif dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Kedua, jangan lewatkan waktu makan sahur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini dapat menjaga daya tahan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Apalagi bagi orang-orang yang mempunyai aktivitas padat seharian.

Ketiga, usahakan jangan tidur setelah sahur. Salah satu tantangan saat sahur adalah mengantuk. Tidak sedikit orang memilih untuk tidur kembali setelah sahur. Ternyata, rasa lemas muncul karena tidur kembali setelah sahur, sehingga aktivitas yang kita lakukan menjadi terhambat. Alangkah baiknya setelah sahur kita melakukan hal-hal positif, seperti membaca al-Qur'an setalah solat Subuh, jalan-jalan pagi, membersihkan rumah, membaca buku, dan masih banyak kegiatan positif lainnya.

Keempat, luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan. Ternyata dengan berolahraga dapat meningkatkan produktivitas, karena tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. Sehingga, dapat meningkatkan suasana hati untuk melakukan aktivitas.

Terakhir, istirahat yang cukup. Agar tetap produktif di bulan puasa kita dapat memanfaatkan waktu luang dengan istirahat. Jangan gunakan waktu luang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, diharapkan puasa yang kita lakukan dapat berjalan lancar dan tidak menjadi penghalang untuk tetap produktif dalam melakukan aktivitas-aktivitas lain seperti biasanya. Mari kita maksimalkan waktu agar tetap produktif di bulan Ramadan.

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI 6 D, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo