Blogger news

Seberapa Pentingkah "Double Cleansing" ?

Perawatan kulit terutama pada wajah bagi kaum wanita menjadi sangat penting bahkan dapat dikatakan menjadi kebutuhan primer. Kesan pertama yang dilihat orang lain biasanya pada bagian wajah, wajah yang bersih, sehat dan terawat merupakan hal yang ingin dimiliki setiap orang karena dengan begitu saat berinteraksi dengan orang lain menjadi lebih percaya diri. 

Sebaliknya, wajah yang tidak terawat akan terlihat kusam dan menjadi tidak percaya diri saat berhadapan dengan khalayak. Permasalahan yang biasa timbul pada wajah setiap kaum wanita adalah seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam, wajah berminyak, komedo, dan sejenisnya. Pola hidup yang kurang baik dapat menjadi penyebabnya, mulai dari tidak menjaga makan-makanan yang di konsumsi, terlalu banyak melakukan aktivitas diluar dan tidak selalu membersihkan wajah dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan hasil wajah yang bersih, sehat dan terawat, penting bagi setiap wanita untuk melakukan perawatan wajah salah satunya dengan melakukan teknik "dobule cleansing". istilah tersebut populer dikalangan kaun wanita saat ini seiring berkembangnya metode perawatan wajah di Korea.

"Sudah rajin cuci muka, tetapi wajah tetap berjerawat atau berkomedo? Anda mungkin perlu melakukan teknik double cleansing untuk membersihkan wajah. Hal ini karena cuci muka sekali saja terkadang tidak cukup dan mungkin masih ada kotoran yang tertinggal pada wajah." (alodokter.com)

Seperti namanya, double cleansing merupakan cara membersihkan kotoran diwajah dengan melakukan dua tahap. Tahap pertama menggunakan produk (cleanser) yang diformulasikan untuk membersihkan sisa-sisa make up dan kotoran pada wajah. Tahap kedua membersihkan wajah dengan membilasnya memakai sabun pencuci muka (face wash) dengan air yang mengalir, tahapan tersebut harus diperhatikan supaya wajah terlihat bersih secara menyeluruh. 

Produk-produk pembersih wajah kini banyak dijumpai di toko-toko kecantikan/kosmetik. Beberapa jenis "cleanser" yang dapat digunakan yaitu oil cleanser, make-up remover, micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm. Selain itu bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kastor, minyak jojoba, minyak biji bunga matahari dan minyak almond dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah.

Setelah memakai produk cleanser, tahap selanjutnya adalah memilih sabun pembersih wajah yang mengandung komposisi yang sesuai jenis kulit. Menghindari iritasi wajah dapat dilakukan dengan memilih sabun yang lembut dan sedikit busa (gentle) sehingga tidak membuat kulit terasa kering ketarik, perih dan kemerahan.

Perlu diketahui bahwa pemilihan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting karena bagi yang memiliki kulit berjerawat, penggunaan pembersih yang berbahan dasar minyak dapat memicu jerawat terus tumbuh bahkan memperparahnya Selain itu pilih pembersih yang tidak mengandung bahan-bahan keras atau terlalu kering seperi mengandung alkohol dan pewangi. Bagi pemula yang ingin melakukan double cleansing, dilansir dari beautynesia.id ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan antara lain : 

Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih
Setiap langkah double cleansing dilakukan menggunakan tangan. Oleh karena itu,sebelum menyentuh kulit wajah penting memastikan tangan dalam keadaan bersih. Tujuannya agar kulit wajah terhindar dari kuman ataupun bakteri yang menempel pada permukaan tangan.

Aplikasikan Cleanser Tahap Pertama Sesuai Kebutuhan
Untuk jenis kulit normal, berminyak dan kombinasi dapat menggunakan cleansing jenis oil. Sedangkan untuk jenis kulit sensitif dan kering daat menggunakan cleansing dengan jenis balm. Namun, selama jenis cleansing apapun terasa cocok dan nyaman anda dapat menggunakannya. 

Pakai Cleansing Oil/Balm
Jenis cleansing oil (minyak) dapat mengangkat minyak berlebih, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah. Hasilnya wajah menjadi lebih bersih dan anti-berminyak. Sedangkan cleansing balm memberikan efek yang sebaliknya. Meskipun sama-sama mengandung minyak, tetapi cleansing balm mempunyai tekstur yang mirip dengan cream. Hasilnya dapat memberikan efek melembapkan juga efektif membersihkan wajah dari kotoran, makeup, ataupun debu. 

Lakukan Gerakan Memutar dan Pijatan Lembut 
Pada setiap bagian wajah lakukan gerakan memutar ke arah dalam dengan perlahan dan lembut. Saat memakai double cleanser bersihkan dengan gerakan memutar selama sekitar satu menit saja. Selain membersihkan cara ini dapat memberikan efek menenangkan pada wajah. Selama satu menit, pijatan wajah dapat dilakukan kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

Penggunaan Micellar Water
Pilih salah satu saja antara cleansing oil, balm atau micellar water karena sama-sama membantu mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, dan juga debu yang menempel di kulit wajah. Pilih produk micellar water yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan perhatikan reaksi kulit wajah setelah memakainya. Cara mengaplikasikannya yakni dengan menuangkan micellar water ke kapas dan aplikasikan ke seluruh wajah dengan usapan perlahan. 

Aplikasikan Tahap Kedua Cleanser
Tahapan kedua mengaplikasikan pencuci wajah (face wash). Pada tahap terakhir ini pastikan bahan yang terkandung di dalamnya gentle dan lembut saat digunakan. Hindari pemakaian face wash dengan kandungan scrub karena bisa berisiko iritasi. 

Lakukan Pada Malam Hari
Double cleansing sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur karena dengan melakukannya di waktu yang tepat, seluruh makeup, debu, kotoran, minyak, bakteri, ataupun kuman yang menempel seharian selama beraktivitas akan terangkat ketika melakukannya dimalam hari serta akan merasa lebih nyaman saat beristirahat dengan wajah yang bersih maksimal. Keesokan harinya wajah terasa bersih dan terlihat lebih sehat. Selamat mencoba ya!

Zennita Meida Abdillah 
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo