Blogger news

Puasa Sehat, Ibadah Lancar

Sumber Foto: https://pixabay.com/photos/studying-teacher-students-sunset-5831644/
Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana amalan baik yang kita perbuat akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Bulan dimana seluruh umat Muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan. Selama Bulan Ramadhan seluruh umat Muslim yang memenuhi syarat wajib hukumnya berpuasa selama sebulan penuh.

Namun terkadang, sebagian orang merasa kesulitan menyesuaikan pola hidup sehat selama bulan Ramadhan karena waktu makan yang berbeda dari biasanya. Selain itu, banyak juga yang akhirnya tidak berolahraga selama bulan Ramadhan karena lemas akibat tidak mengatur pola makan dengan baik. Padahal, jika kita bisa menerapkan puasa sehat maka ibadah lancar, aktivitas jalan.

Oleh karena itu, ikuti lima tips puasa sehat berikut ini agar tubuh tetap bugar dan puasa lancar. Pertama, makan sahur. Jangan pernah melewatkan makan sahur. Makan sahur merupakan kunci agar tubuh tetap berenergi ketika bulan puasa. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Hindari makanan berminyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan mengantuk di siang hari.

Kedua, berbuka secukupnya. Setelah seharian berpuasa, perut akan kosong dan tidak disarankan untuk langsung berbuka dengan makanan berat karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, buka puasa secara bertahap dengan minum air terlebih dahulu lalu makan-makananan manis seperti kurma, seperti yang disunnahkan Nabi SAW.

Ketiga, rutin berolahraga. Bulan puasa bukan berarti kita tidak berolahraga sama sekali. Pilih olahraga dengan intensitas rendah atau sedang, seperti jalan kaki, bersepeda, yoga, atau workout. Lakukan setiap hari selama 30 menit setiap sore. Hindari olahraga di siang hari agar tidak dehidrasi.

Keempat, atur jam tidur. Usahakan tidak tidur terlalu malam agar bisa bangun saat di jam sahur. Tidurlah tidak kurang dari 4 jam dan jika ada waktu untuk tidur siang, jangan disia-siakan. Istirahat yang cukup membuat tubuh tetap bugar dan puasa menjadi semangat. Usahakan tidak tidur setelah sholat subuh, lebih baik perbanyak dzikir dan mengaji.

Terakhir, lakukan aktivitas seperti biasa dan perbanyak ibadah. Bulan Ramadhan jangan dijadikan ajang untuk bermalas-malasan. Bulan Ramadhan hendaknya dipakai untuk membiaskan diri memperbanyak ibadah dan memperbaiki diri sehingga setelah Bulan Ramadhan kita bisa terbiasa lebih dekat dengan Allah.

Karena itu, penting menjaga tubuh kita di Bulan Ramadhan agar puasa tetap kuat dan berenergi dengan mengikuti tips puasa sehat selama sebulan penuh. Agar aktivitas tetap berjalan seperti biasa dan ibadah lancar. Jangan lupa untuk lebih banyak beribadah kepada Allah dan tidak melalukan aktivitas yang dapat mengurangi pahala puasa seperti ghibah, berbohong, melihat lawan jenis dengan nafsu, adu domba, dan membuat sumpah palsu. Fokus untuk memperbaiki diri dan sambut Bulan Ramadhan dengan penuh suka cita.


Yulia Rahma Kamila
Mahasiswa Komunikasi da Penyiaran Islam
UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo