Blogger news

Film Termahal di Indonesia, Berikut 4 Fakta Menarik Film Buya Hamka

mediakopid.com - Bandung - Siapa yang tidak mengenal sosok ulama, sastrawan, dan jurnalis terkemuka di Indonesia Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah Datuk Indomo atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka. Sosoknya yang cerdas, karismatik, dan inspiratif ini membuat rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk membuat film yang menceritakan tentang perjalanan hidup serta perjuangan seorang Buya Hamka.

Setelah penantian selama 9 tahun akhirnya film Buya Hamka akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai 20 April 2023. Film Buya Hamka akan menemani lebaran kamu di bioskop. Namun sebelum itu, simak beberapa fakta menarik dari film Buya Hamka yang akan membuat kamu semakin ingin menontonnya.

1. Membutuhkan waktu 9 tahun sampai akhirnya tayang di tahun 2023
Bermula dari ide ketua MUI Din Syamsuddin pada tahun 2014 yang ingin membuat film tentang Buya Hamka. Empat tahun kemudian yaitu pada 2018 penulisan naskah untuk film Buya Hamka pun selesai. Setelah melalui proses casting para pemain terpilihlah Vino G. Bastian yang akan berperan menjadi Buya Hamka. Syuting dilakukan pada tahun 2019 dan memakan waktu selama 6 bulan sampai film Buya Hamka benar-benar selesai dan siap tayang. Setelah tertunda dua tahun sejak rencana penayangan awal, akhirnya Falcon dan Starvision mengumumkan pada 20 April 2023 film Buya Hamka siap dinikmati seluruh masyarakat tanah air.

2. Bertabur aktor ternama
Tak hanya proses pembuatan film yang Panjang. Film Buya Hamka juga dibintangi para aktor tanah air yang berbakat dan terkenal. Vino G. Bastian dipilih untuk memarankan sosok Buya Hamka dan Laudya Chyntia Bella yang berperan menjadi Siti Raham yaitu istri dari Buya Hamka. Tak hanya itu, Reza Rahadian, Anjasmanra, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rifnu Wikana, Ayu Laksmi, Mathias Muchus, Marthino Lio, Verdi Soelaiman, Yoga Pratama, Roy Sungkono, Wafda Lubis, sampai bintang muda Mawar Eva De Jongh, Mellya Baskarani, Yoriko Angeline, Novita Hardini, Ajil Ditto, Izzati Khansa, Zayyanshaka, Bima Azriel, dan Rey Bong akan ikut berperan dalam film Buya Hamka.

3. Film Indonesia termahal sepanjang sejarah
Pihak Falcon dan Starvision mengaku ingin membuat film yang luar biasa dan totalitas dalam menceritakan kisah tokoh pejuang Islam yang hebat itu. Sutradara film Buya Hamka, Fajar Bustomi mengaku menghabiskan anggara 1 miliar hanya untuk survei lokasi ke Yordania. Belum lagi tempat yang dibuat sedemikian mirip dengan keadaan zaman dahulu, salah satu yang menelan biaya produksi tertinggi ialah pembuatan set berupan surau (musala) dan kincir air. Set yang dibangun selama satu bulan dan digunakan selama satu minggu ini untuk mengisahkan Buya Hamka kecil yang rajin mengaji dan belajar pencak silat. Keseluruhan biaya produksi film Buya Hamka mencapai 70 miliar rupiah.

4. Total durasi film Buya Hamka mencapai 7 jam
Sutrada film Buya Hamka, Fajar Bustomi mengungkapkan dalam konferensi pers bahwa film ini merupakan film panjang yang menarik. Sayang sekali jika harus diedit menjadi 5 jam. Akhirnya pihak produksi memutuskan untuk film Buya Hamka akan tayang selama 7 jam dan dibagi menjadi 3 bagian.  Produser Falcon Pictures juga mengungkapkan film ini sangat menginspirasi, perjalanan hidup, dan semangat beliau yang penuh romantika cocok ditonton semua kalangan usia.

Sejak diunggah pada 23 Maret 2023 di Youtube Falcon sampai 1 April 2023, trailer 'Buya Hamka' sudah ditonton lebih dari 448.000 penayangan. Tak hanya itu, Gala Premiere 'Buya Hamka' akan digelar serempak di 18 kota pada 9 April 2023. Kota yang akan memutar Gala Premiere 'Buya Hamka' yaitu di Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung, Padang, Medan, Palembang, Yogyakarta, Semarang, Malang, Jember, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Solo, Lampung, dan Pekanbaru. Catat tanggalnya!


Yulia Rahma Kamila
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo