Blogger news

Apa Perbedaan Antara D4 dan S1?

Sumber foto : unycommunity.com
Pendidikan menengah dibagi menjadi dua, yaitu pendidikan akademik (sarjana) dan pendidikan kejuruan (diploma).
Diklat akademik mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni, yang lebih banyak pada pemahaman teori. Jenjang yang harus diselesaikan adalah Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3).

Program gelar sarjana biasanya berlangsung 3,5 hingga 4 tahun dan tesis dalam bentuk tesis. Gelar pascasarjana adalah kandidat (S.).
Gelar dasar ditemukan terutama di perguruan tinggi, universitas, dan institut.
Pada saat yang sama, pelatihan profesional mengedepankan penguasaan keterampilan tertentu. Program pelatihan Diploma meliputi Diploma 1 (D1) yang membutuhkan waktu 1 tahun untuk menyelesaikan kualifikasi Ahli Utama, Diploma 2 (D2) yang membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan gelar Ahli Muda, Diploma 3 (D3). ), yang pelatihannya berlangsung selama 3 tahun dan bergelar ahli
Associate dan Degree 4 (D4) setara S1 dengan masa studi 4 tahun dan mendapatkan gelar sarjana terapan.

Pelatihan kejuruan dapat diselesaikan di universitas resmi dan perguruan tinggi teknik, tetapi ada juga beberapa lembaga pendidikan yang menawarkan program profesi. Baik gelar sarjana maupun profesional memiliki kelebihannya masing-masing. Lulusan lebih memahami dan memperdalam ilmunya, sedangkan profesi lebih banyak praktek dalam perkuliahannya untuk menghasilkan lulusan yang mampu dalam bidang pekerjaan tertentu.
Kamu dapat mempertimbangkan pilihan perguruan tinggi berdasarkan tujuan masa depan kamu loh.

Penulis : Resti Septianingsih


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo