Blogger news

5 Manfaat Olahraga Memanah! Hidupkan Sunnah Rasul

Olahraga panahan atau memanah dikenal cukup bergengsi dan termasuk cabang olahraga yang sangat populer di olimpiade dunia. Namun, tak banyak orang mengetahui apa saja manfaat olahraga panahan bagi tubuh. Seperti olahraga laiinya memanah memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah untuk membangun kekuatan tubuh dan melatih konsentrasi.

Mengenal Panahan
Sebelum membahas lebih lanjut perlu diketahui bahwa panahan merupakan jenis olahraga yang melatih kemampuan dalam menggunakan busur dan anak panah. Tujuan olahraga panahan adalah untuk mengenai sasaran dan target dengan mengkoordinasikan gerak tubuh dengan baik.
Bila melihat pada sejarah, memanah pada awalnya merupakan keterampilan yang dimiliki para prajurit atau pemanah untuk menghadapi pertempuran di medan perang. Namun seiring berjalannya waktu, panahan kemudian dijadikan sebagai hobi dan bahkan kini termasuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade.

Adapun hal-hal paling dasar yang dipersiapkan ketika melakukan olahraga panahan adalah sebagai berikut.
⦁ Busur panah, terdiri dari tiga jenis yaitu recurve, compound, dan longbow.
⦁ Anak panah, biasanya dibuat dari kayu, karbon, aluminium, ataupun kombinasinya.
⦁ Target, yakni sasaran tembak berbentuk bulat dengan lingkaran berlapis berwarna putih, hitam, biru, merah, dan kuning.
Sementara, peralatan pelengkap yang bisa Anda pertimbangkan ketika ingin mendalami olahraga panahan adalah pelindung dada (bracer), pelindung jari, dan quiver (tempat meletakkan anak panah di lantai atau pinggang).

Manfaat Olahraga Panahan
Jika Anda ingin mencari olahraga yang banyak manfaat dan juga berpahala, maka panahan adalah salah satu pilihannya. Diantara manfaat tersebut ialah;
1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan
2. Menjaga Keseimbangan Tubuh
3. Meningkatkan Konsentrasi dan fokus
4. Membakar Kalori
5. Melatih Pengendalian Emosi

Muhammad Raden Nur Naufal, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo