Blogger news

Pentingnya Menulis Esai

Sumber foto: 
introvertdear.com

Pernah mendengar bahwa mereka yang mengajukan beasiswa ke luar negeri harus menulis esai? Ini bukan hal baru bagi pelajar dan calon mahasiswa di negara-negara maju; menulis esai saat hendak masuk perguruan tinggi bukanlah masalah yang sangat besar bagi mereka.

Bagaimana dengan kita? Ini juga sangat penting di negara kita—tentu saja untuk alasan akademik. Selain itu, kita meningkatkan kualitas diri kita sendiri, seperti menjadi penulis yang lebih baik, memperoleh keterampilan komunikasi yang lebih baik, memperoleh keterampilan riset, meningkatkan kreativitas, menulis esai yang berguna untuk tujuan profesional dan karir, memperluas basis pengetahuan, penting untuk keberhasilan akademik, menjadi lebih sadar akan pilihan penulis, membuat pilihan yang lebih baik, dan berpikir lebih cerdas.

Selain itu, tujuan menulis esai adalah untuk meyakinkan pembaca untuk percaya terhadap pendapat, pendirian, atau penilaian kita tentang suatu subjek. Untuk mencapai tujuan ini, pendapat penulis harus dilengkapi dengan data atau fakta yang mendukung pendapat mereka. Bagaimana kita bisa meningkatkan minat kita dalam menulis? Dengan kata lain, mulai mengembangkan keterampilan membaca. Karena sudah terbiasa membaca, tentunya akan belajar gaya dan teknik menulis yang sesuai dengan kepribadiannya. Jadi, seberapa sering kita membaca mendukung menulis. Selain itu, saat ini banyak orang yang tidak menyukai membaca dan lebih suka menonton film daripada membaca.

Untuk menumbuhkan minat dalam membaca, mulailah dengan membaca apa yang paling Anda sukai dan terus membaca secara teratur. Kebiasaan adalah kuncinya, dan ketika kita sudah terbiasa melakukannya, membaca akan menjadi mudah tanpa disadari. Setelah Anda selesai membaca, mulailah menulis esai. Banyak orang mengeluh bahwa mereka tidak bisa membuat esai artikel yang bagus, meskipun esai sangat diminati karena mereka menyampaikan fakta dan tidak terlalu formal seperti berita. Jadi, Anda harus mulai belajar menulis esai artikel. bukan hanya dalam mimpi.

Ada teknik tertentu untuk menulis esai. Di antaranya adalah menentukan topik; jika ingin menulis, kita sudah tahu apa yang akan ditulis. Bisa budaya, sosial, ekonomi, dan sebagainya. Namun, topik yang baik akan lebih menarik jika relevan bagi masyarakat. Selanjutnya, garis besar topik yang akan dibahas harus dibuat terlebih dahulu. Ini akan membuat esai artikel lebih menarik. Poin dapat berasal dari sumber masalah, penuangan ide, solusi, atau simpulan.

Dalam bacaan, perbanyak referensi; menulis esai artikel berarti Anda harus siap mencari banyak referensi. Jurnal, internet, buku, dan sumber lain dapat menjadi sumber referensi ini. Gunanya untuk meningkatkan validitas data. Selain itu, membantu kosa kata, mendukung ide, dan mengkredibelkan argumen. Untuk memperluas pengetahuan Anda, referensi sangatlah membantu. mengembangkan banyak ide yang akan ditulis dalam esai. Pastinya tidak ada manfaatnya. Menulis dengan singkat dan jelas memungkinkan maksud yang ingin disampaikan langsung tanpa membuang-buang kata. Banyak pembaca lebih suka esai yang mudah dipahami daripada esai yang rumit.

Jangan copy paste; dalam dunia keilmuan, itu adalah kejahatan. Alangkah baiknya jika mencari referensi harus disertasi dengan menggunakan sumber aslinya untuk mencegah plagiarisme yang kian meningkat. Jangan menulis tulisan yang bagus tetapi hanya jiplakan.  Jangan terlibat dengan SARA; di Indonesia, SARA adalah masalah sensitif. Akan lebih baik untuk menghindari topik yang dapat menimbulkan konflik agar esai kita tidak menyinggung suatu kelompok. Terlepas dari kenyataan bahwa kita menggunakan sudut pandang yang subjektif, kita harus menghindari bias yang akan membuat pembaca tidak nyaman dengan keberpihakan. lebih-lebih dalam konteks politik.

Terakhir, buat penutup atau kesimpulan. Ini dibuat untuk menegaskan kembali masalah yang telah dibahas pada bagian atas dan membantu Anda memahami inti dari bacaan. Diharapkan pembaca dapat menyerap dengan baik teks sehingga mereka dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang apa yang mereka baca. Jika kita benar-benar berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan, maka akan sangat mudah untuk mencapainya. Salah satunya adalah menjadi mahir menulis esai. Sekarang, esai tidak hanya digunakan untuk kebutuhan akademik, tetapi juga dilombakan dalam banyak kompetisi yang sangat bergengsi di seluruh negeri dan internasional, memberi orang kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka dalam menulis.

Penulis: Wafiq Nur Agniati (Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo