Blogger news

5 Kegiatan Positif Mengisi Waktu Luang Agar Tetap Produktif

Foto: Dokumentasi Pribadi

Setiap orang pasti mempunyai waktu luang di sela-sela pekerjaan atau kegiatan lainnya. Namun terkadang, kita tidak mengetahui apa yang akan dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Tidak sedikit orang yang memilih menghabiskan waktu luang dengan tidak melakukan apa-apa. Padahal waktu luang yang kamu punya dapat diisi dengan kegiatan positif agar tetap produktif. Yuk, simak beberapa kegiatan positif yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang agar tetap produktif.

Pertama, membaca buku. Membaca menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Dari membaca buku kita dapat menambah ilmu pengetahuan, memperluas wawasan, dan meningkatkan daya ingat serta daya pikir. Bahkan dengan membaca buku kamu dapat mengeksplorasi banyak tempat dan mengenal berbagai kebudayaan serta fenomena-fenomena yang terjadi.

Kedua, belajar bahasa asing. Seiring dengan perkembangan zaman, kemampuan dalam berbahasa asing sangat diperlukan di berbagai aspek kehidupan, terlebih lagi bahasa Inggris. Manfaat belajar bahasa asing begitu luar biasa, salah satunya dalam hal pekerjaan. Saat ini, beberapa perusahaan mencari calon karyawan yang mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Jika kamu sudah mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, besar kemungkinan kamu mempunyai kesempatan lebih besar untuk diterima dibanding calon karyawan yang tidak mempunyai kemampuan berbahasa asing. Jadi, yuk kita mulai tingkatkan pengetahuan bahasa asing kita.

Ketiga, berkumpul bersama keluarga. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat kamu lakukan bersama keluarga seperti, masak dan makan bersama, bermain sambil mengobrol bersama, olahraga bersama, menonton film favorit, piknik, membuka album foto lama, atau bahkan bersih-bersih rumah bersama.

Keempat, mengembangkan hobi. Salah satu kegiatan positif mengisi waktu luang adalah mengembangkan hobi. Kamu bebas melakukan hobi apapun yang kamu suka, mulai dari fotografi, melukis, bermain musik, menyanyi, atau memasak. Intinya lakukan kegiatan yang dapat membuat diri kamu merasa senang dan bahagia. Tidak menutup kemungkinan bahwa hobi yang kamu lakukan dapat mempermudah karir kamu di masa yang akan datang. Bahkan kamu juga bisa saja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi kamu.

Kelima, bercocok tanam. Bercocok tanam dapat menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang.  Kegiatan tersebut dapat kamu lakukan di rumah meskipun pada lahan yang sempit. Tanaman yang dapat kamu tanam, seperti tanaman hias, tanaman sayuran, atau tanaman obat. Manfaat bercocok tanam tidak hanya mengisi waktu luang saja, tapi juga dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stress karena suasana sekitar rumah menjadi lebih indah dan asri.

Itu dia kegiatan positif yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang agar tetap produktif. Mari jadikan waktu luang kamu tetap produktif dengan melakukan kegiatan positif. Dengan begitu, waktu luang kamu tidak akan terlewatkan dengan sia-sia.

Penulis: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo