Blogger news

Yuk, Intip Cara-cara Membuat Mochi Bites Viral!

Gambar Mochi Bites
Sumber Gambar : Instagram @cookingwithhel 

Baru-baru ini banyak kemunculan kuliner luar negeri yang ramai di Indonesia. Salah satunya adalah makanan yang berasal dari Jepang. Makanan manis dengan tekstur kenyal berbentuk bulat kecil yang dibaluri dengan berbagai macam rasa, mochi bites menggoda selera penikmat makanan manis. Mochi bites berbeda dengan mochi pada umumnya yang dijual di Indonesia. Pada umunya mochi bites disajikan dengan saus/cream keju dan toping oreo. 

Para vloger dan content creator tidak kalah eksis dengan hadir nya mochi bites ini, unggahan foto maupun video mengenai mochi bites ramai di berbagai platform sosial media. Bagi para pecinta makanan manis, mungkin jadi penasaran dengan resep mochi bites. Mochi bites dibuat dengan bahan-bahan sederhana, tentunya anda juga bisa membuat sendiri mochi bites di rumah.

Berikut resep dan cara membuat Mochi Bites!
Dilansir dari kanal YouTube "Cooking with Hel", berikut adalah resep membuat mochi bites.

Bahan Pembuatan Mochi : 
  1. Tepung ketan 200 gr (20 sdm)
  2. Tepung maizena 30 gr (3 sdm)
  3. Gula pasir 60 gr (4 sdm)
  4. Santan / Susu full cream 280 ml
  5. Minyak goreng 5 sdm
Baluran Mochi:
Tepung maizena sangrai / coklat bubuk /matcha bubuk / kedelai bubuk / (opsional)

Topping: 
oreo, (opsional)

Bahan Saus Keju 
  1. Keju parut 60 gr
  2. Gula pasir 1 sdm (sesuai selera)
  3. Susu full cream 150 ml
  4. Tepung maizena 34 sdm (larutkan dengan sedikit air)

Cara Membuat Mochi Bites: 
  1. Tuangkan tepung ketan, tepung maizena, gula pasir, santan/susu, dan minyak goreng sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan (campurkan semua bahan, aduk sampai merata)
  2. Panaskan kukusan, selagi menunggu kukusan panas oleskan cetakan adonan mochi dengan minyak, kemudian tuangkan adonan yang sudah dicampur merata kedalam cetakan. 
  3. Sebelum dikukus, tutup rapat adonan dengan plastik wrap kemudian kukus selama 20-25 menit menggunakan api kecil/sedang.  
  4. Setelah adonan matang sempurna, tiriskan adonan dengan alas yang tidak lengket dan sudah dibaluri tepung. Uleni adonan hingga kalis dan lentur kemudian tarik-tarik adonan hingga lentur supaya teksturnya lebih kenyal. 
  5. Bentuk adonan menjadi bulat kecil lalu baluri dengan tepung maizena yang sudah disangrai atau dengan susu bubuk/ coklat bubuk, atau baluran lainnya (opsional)
Cara membuat Saus Keju :
  1. Tuangkan keju cheddar parut 60gr, gula pasir 1sdm (sesuatu selera), dan susu fullcream 150ml. Campurkan semua bahan aduk hingga merata
  2. Masak campuran bahan tersebut dengan api kecil sambil terus-menerus diaduk hingga mendidih
  3. Masukan tepung maizena ¾ sdm yang sudah dilarutkan air sambil terus diaduk, jika ingin hasilnya lebih halus saring tepung terlebih dahulu.
Cara membuat Topping: 
Tumbuk oreo hingga hancur tetapi tidak perlu sampai halus. Topping mochi bisa menggunakan bahan lain sesuai selera. 

Setelah selesai, sajikan mochi dengan saus dan topping. Pisahkan saus keju dan topping dalam wadah yang berbeda. Makan mochi bites yang sedang viral ini biasanya dicocol kedalam saus keju kemudian topping oreo. Mochi Bites siap disantap!


Zenita Meida Abdillah
Mahasiswi UIN SGD Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo