Blogger news

Puasa Bukan Kendala Produktivitas

Tak terasa kita sudah kembali memasuki bulan Ramadhan. Seiring dengan itu, apakah di awal puasa ini kita menjadi lebih fokus dan bersemangat atau sebaliknya malah merasa bekerja selama berpuasa di bulan Ramadhan menjadi lebih berat dari biasanya? Ya, ini mungkin saja terjadi, karena saat berpuasa kita harus mengubah rutinitas sehari-hari, seperti bangun lebih awal untuk sahur, juga tidak makan dan minum dari pagi sampai menjelang magrib. Meski begitu, menjalani puasa itu adalah ibadah. Jadi, jangan jadikan alasan untuk tidak produktif dan bermalas-malasan dalam beraktivitas. Berikut tips yang dapat membantu untuk tetap produktif bekerja selama puasa di bulan Ramadhan.

Pertama, untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja selama puasa, baiknya kita menyusun to do list. Dengan merencanakan berbagai kegiatan selama jam kerja, hal-hal yang dilakukan akan lebih terstruktur sehingga kita dapat lebih fokus dan termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Kenapa begitu? Karena ada tujuan yang hendak dicapai dengan tenggat waktu masing-masing. Ketika satu demi satu pekerjaan tersebut terselesaikan dengan baik, ini akan memotovasi dirimu untuk lanjut mengerjakan list pekerjaan selanjutnya.

Kemudian, meski sedang berpuasa bukan menjadi alasan untuk berhenti berolahraga sama sekali ya. Sebaliknya, olahraga nyatanya bisa membantu kita untuk menjaga stamina sehingga tubuh tetap fit. Jenis olahraga yang dilakukan baiknya olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Selain itu, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah pada saat setelah berbuka. Pilihan waktu lainnya dapat kita lakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Sehingga tubuh dapat segera mendapat asupan energi kembali.

 

Saddam Fajar Sidiq – Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo