Blogger news

Pesona Keindahan Wisata Alam Gunung Puntang

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Gunung Puntang menjadi salah satu tempat wisata alam yang menyajikan panorama alam pegunungan yang luas, pepohonan yang hijau dan rindang, tersedia lokasi perkemahan yang strategis, Eduwisata kopi LMDH Bukit Amanah dan berbagai kegiatan alam. Wisata alam ini terletak di kawasan Kabupaten Bandung Selatan dan merupakan bagian dari pegunungan Malabar. Tepatnya, gunung ini berada di kampung Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Sebagai objek wisata, Gunung puntang memiliki ketinggian 2.224 mdpl dan Wisata Alam Gunung Puntang yang pernah saya kunjungi ada di sudut lereng gunung puntang berupa perkemahan khusus dengan ketinggian 1.300 mdpl.

Setiap akhir pekan, gunung puntang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah dan kebanyakan dari mereka berkemah di sana, namun ada juga yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam hanya untuk mendapatkan relaksasi sejenak setelah lelahnya melakukan aktifitas sehari-hari mereka. Gunung puntang ini menjadi salah satu gunung yang sangat unik, karena siapa saja bisa datang ke gunung ini, mulai dari remaja dan orang dewasa, bahkan anak-anak dan orang berusia senja, terutama gunung ini seringkali menjadi rujukan para mahasiswa pecinta alam.
 
Kegiatan alam lain yang disediakan di tempat wisata gunung puntang ini selain perkemahan juga menyediakan lokasi downhill yang pastinya memanjakan pengunjung  dengan pemandangan yang ada. Kawasan wisata gunung puntang ini buka setiap hari. Dan harga masuk ke tempat wisata gunung puntang tiketnya dibedakan antara untuk pengunjung lokal dan asing, serta dilihat dari kunjungan yang dilakukan wisatawan tersebut. Misalnya keperluan untuk wisata biasa saja, camping, atau kegiatan khusus lainnya. 

Setiap pengunjung yang datang kesana banyak yang mengabadikan keindahan gunung Puntang dengan mengabadikan foto momen indah ketika menikmati keindahan alam yang tiada habisnya dari gunung puntang ini. Sejuknya udara di pegunungan, bentang alam yang sangat asri, serta sejumlah spot wisata yang ada di gunung puntang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dalam perjalanan menuju gunung puntang kita akan banyak disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah. Ketika pertama kali datang ke gunung dengan keindahan alamnya yang sangat menawan ini, pengunjung memasuki area parkir yang sangat luas, kemudian pemandangan alam yang sangat memesona dengan banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi, kebun kopi yang terletak di bukitnya yang diberi nama bukit Amanah, tempat perkemahan yang nyaman, serta tanaman-tanaman lainnya yang ada di kawasan tempat wisata gunung puntang. 

Setiap orang yang ingin datang ke gunung puntang ini tidak akan sulit dalam mengaksesnya, karena jalanan menuju tempat wisata gunung puntang ini relatif besar dan bisa dilalui dengan berbagai kendaraan, baik yang beroda dua maupun beroda empat. Adanya ketersediaan akses di wisata alam gunung puntang tersebut tentu mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik, aman dan nyaman. 

Wisata alam yang berlokasi di Banjaran, Bandung Selatan ini menjadi salah satu wisata alam ramah berkendara yang banyak memberikan kontribusi untuk perkembangan pariwisata di Indonesia. Adanya wisata alam gunung puntang ini menjadi salah satu diantara potensi pariwisata terutama di Bandung Selatan yang secara tidak langsung tentu berdampak dalam pergerakan dan pengembangan perekonomian masyarakat lokal dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wisata Gunung Puntang ini tergolong gunung yang ramah, karena kawasannya yang tidak curam dan relatif aman bagi pengunjung. Lokasinya pun sangat strategis dengan harga yang ramah tentu destinasi wisata gunung puntang ini sangat menarik untuk dikunjungi, menjadi tempat yang cocok untuk healing dan keindahan wisata alam gunung puntang ini pun sangat sayang untuk dilewatkan.


Penulis: Witriani Siti Safarina


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo