Blogger news

Pelajaran yang Dapat Di Ambil pada Hari Raya Idul Adha

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Hari raya idul ada merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat muslim, yang dimana suasana idul adha lekat dengan adanya momen pemotongan hewan kurban.

Akan tetapi, apa sebenarnya pelajaran yang dapat kita ambil di hari raya idul adha ini ? Sangat banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil di hari raya idul adha.

1. Mengajarkan kepada kita arti dari keikhlasan, Mungkin kita sudah sering mendengarkan kata ikhlas. Akan tetapi, belum tentu kita dapat menerapkan nasihat yang sudah kita dengar dengan sebaik mungkin. Hari raya idul adha mengajarkan kepada kita semua khususnya umat Islam untuk mempunyai rasa memberi kepada orang lain tanpa mengharapkan suatu imbalan, yaitu dengan membagikan hewan kurban kepada umat Islam.

2. Saling berbagi terhadap sesama, kita hidup di dunia tidak hanya mengandalkan diri sendiri saja, namun kita juga pasti selalu membutuhkan batuan orang lain, dimana kita sesama manusia harus saling berbagi, seperti hari raya idul adha kita diberikan pelajaran untuk saling berbagi satu sama lain.

3. Memperkokoh tali silaturahmi, hari raya idul adha mengajarkan kepada kita semua untuk dapat memperkokoh tali silaturahmi antar sesama salah satunya dengan cara berbagi sesuatu yang kita miliki.

4. Mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita sebagai umat manusia yang tidak luput dari dosa harus selalu ingat kepada Allah yang telah menciptakan manusia dengan sempurna, hari raya idul adha juga mengajarkan kepada kita semua untuk tetap selalu ingat kepada Allah juga mendekatkan diri kepada Allah supaya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Mungkin sekian pelajaran idul adha, di hari raya idul adha ini bukan hanya sekedar memotong hewan kurban saja, namun banyak sekali pelajaran yang dapat kita amalkan seperti rasa ikhlas, rasa kepemilikan, silaturahmi dan sebagainya, semoga kita semua bisa memanfaatkan ilmu yang sudah kita dapati di hari raya Idhul Adha ini aamiin.

Penulis : Siti Muhibatul Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo