Blogger news

Omset Ratusan Juta, Ternyata Hafizh Quran 30 Juz

Pesantren Pemuda Bumi Langit, merupakan lembaga tahfizh juga Entrepreunership sebagai program unggulannya berdiri pada tahun 2022 dibawah asuhan Ustadz Razas Ms yang juga seorang pembina Hafizh Quran Indonesia. Pesanten yang dinuansai suguhan alam yang begitu asri menjadikan kegiatan belajar Al-Quran semakin syahdu. Unikanya, "Hafal Quran, Jago bisnis" menjadi selogan dari pesantren ini yang mana para santri tidak hanya belajar Al-Qur'an, melainkan dibekali berbagai ilmu bisnis dari pembimbing yang expert di bidangnya.

Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun, selain hafal Quran 30 Juz, PBL (Pondok Pemuda Bumi Langit) juga bisa menghasilkan omset puluhan juta dan banyak sinergi para santri hasilkan diantaranya:

1. Tasmi 30 Juz sekali duduk

 
Pemberian Penghargaan Oleh Syekh Thyazen (ket gbr)

Menjadi kabar baik, salah satu santri Pemuda Bumi Langit mengikuti dan berhasil mentasmikan hafalan Quran 30 Juz sekali duduk pada pelaksanaan Tasmi Akbar 30 Juz yang diadakan oleh Hafizh Quran Indonesia pada bulan Maret 2023.

Dala persiapannya, salah satu program yang diikuti adalah "Mukhayyam Mutqin", mukhayyam ini dilakukan agar menambah kefokusan santri yang di lakukan di masjid-masjid terdekat.

Tak hanya itu, beberapa program lain seperti Imtihan bulanan juga turut dilaksanakan untuk menguatkan hafalan dan menjaga hafalan tersebut agar terus terjaga.

Dengan persiapan yang matang, pada bulan Maret 2023 mereka akhirnya menampilkan setoran terbaiknya. Yang disaksikan langsung oleh Direktur Hafizh Quran Indonesia, Pembina Yayasan Hafizh Quran Indonesia, para staf dan civitas.

2. Dibimbing langsung oleh Syekh Thyzen Al Hakimi Apt. M.si 


Dokumentasi Bersama Syekh (ket gbr)

Bagi lembaga, merupakan suatu kehormatan untuk berkontribusi langsung kepada salah satu Syekh besar, Syekh Thyazen Al Hakimi, atau lebih dikenal dengan Syekh Thyazen (20 Desember 1988), adalah seorang dokter dan sarjana muda dari kebangsaan Yaman dan Indonesia. Beliau juga seorang Dosen Muda Ilmu Farmasi di UNISBA dan Direktur Pusat Studi Asia dan Timur Tengah.

Beliau juga dikenal sebagai Imam Besar Masjid Raya Bandung dan Juri Hafiz Indonesia serta memiliki 10 Sanad Qiraat Syekh Ayman Syabaiek (Ulama besar Al-Azhar) dan beberapa Sanad Qiraat lainnya.

Dalam perannya, Syekh Thyazen mengajar santri secara langsung untuk meningkatkan bacaan Al-Quran mereka. Dan setiap bulannya diadakan ujian Al-Fatihah, dimana para santri diuji pemahaman dan pelafalan Surah Al-Fatihah secara baik dan benar. Jika para murid memenuhi standar yang memuaskan tentang Tajwid, mereka akan segera menerima Sanad yang bersambung ke Rasulullah melalui beliau.

3. Berbisnis Telur
 

Potret Bisnis Santri (ket gbr)

Salah satu bisnis santri dengan omset terbesar adalah bisnis telur. Saat ini, memiliki 6 cabang di seluruh Bandung. Dengan dibekali modal 15 juta, mereka dapat menghasilkan 46 juta hanya dalam waktu sebulan dengan pasokan per sekitar 1,5 ton.

Tekad berbisnis dengan otodidak, tidak menjadikan mereka surut dikala gagal hingga menghasilkan buah manis dari perjuangan.

Yang uniknya saat berlangsungnya bisnis, misalnya saat menunggu pembeli, mereka memanfaatkan waktu dengan memurajaah hafalan. Oleh karena itu, produktivitas ini menjadikan sebuah motivasi juga bisa membawa keberkahan

4. Hantam Studio
 

Fotografer Sebagai Santri  (ket gbr)

Sebuah pencapaian luar biasa, santri juga memiliki studio sendiri. Studio tersebut bernama Hantam Studio yang berlokasi di Komplek DU Nr.f51 kel. Pasir Layung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Awalnya studio ini didirikan karena bakat salah satu santri yang kemudian diajarkan kepada santri lainnya. Tak sia-sia, ternyata hasil dari kerja keras mereka, mendatangkan banyak peminatnya. Dengan bermodalkan Sony Camera 6600 mampu membawa banyak konsumen diantaranya memenuhi kebutuhan Video dan foto pernikahan, video dokumenter sekolah (Ibnu Sina), event pada acara Kang Pisaman Pasir Layung, berkolaborasi dengan AGRI Quran di Banten, mendokumentasikan kajian MT Insan Kamil, dokumentasi Wisuda Tahfizh RTQ Haqin dan masih banyak lagi.

Nah dari beberapa kegiatan diatas menjadi ciri khas santri sekali bukan? masih ada beberapa keseruan lainnya seperti dibawah ini.

5. Seminar Wirausaha

 

Foto Santri Bersama Sandiaga Uno  (ket gbr)

Dalam pembelajaran bisnisnya, Santri Pemuda Bumi Langit terus bergelut di dunia perbisnisan hingga banyak mengikuti seminar. Salah satu seminar yang diikuti adalah UMKM Bandung Raya, Jawa Barat yang bekerja sama dan bergabung dalam komunitas TDA (Tangan Diatas) dengan salah satu narasumbernya adalah Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Santri berharap dengan banyak mengikuti seminar dan memperbanyak relasi, mereka mampu menerapkan taktik dan strategi yang bisa diterapkan pada bisnis yang sedang dijalankan.


6. Sasana silat
 

Foto Kejuaraan Santri  (ket gbr)

Sasana Silat merupakan salah satu program yang diketuai oleh Tegar Rifai, salah satu santri Hafizh Quran Indonesia. Tahun 2023 ini, masa kegiatannya hanya beberapa bulan, namun Sasana Silat HAQIN telah menambah warna baru prestasinya.

Banyak yang tidak menyangka dengan alakadarnya, belum adanya penaikan level sabuk, peralatan seadanya, latihan dengan lapangan yang belum menetap, tidak menurunkan semangat yan dimiliki, justru antusiasme mereka makin tinggi.

Tujuh dari enam belas santri didelegasi Sasana Silat HAQIN untiuk mengikuti IPBOIC XI 2023 yang digelar di GOR Futsal Jatinangor di Bandung, Jawa Barat pada Maret lalu, mampu bersaing dan menjuarai Pencak Silat di Level Internasonal dengan meraih 6 medali emas dan 1 medali perak.

7. Kerja sama dengan Madina dan SKI (Sygma kaya imaji)
 

Santri sebagai Live Streamer  (ket gbr)

Santri Pemuda Bumi Langit juga bekerja sama dengan perusahaan Syaamil dan Madina Quran. Peran Santri di perusahaan beragam, antara lain Market Place, Live Streamer, dan Admin Wirehouse.

Mungkin menurut sebagian orang, Santri belajar hanya tentang kitab dan Al Quran, atau orang biasa berpandangan tertinggalnya pada dunia digital. Tapi pada kenyataannya, santri Pemuda Bumi Langit bisa membuktikan bahwa argumen kebanyakan orang itu tidak benar. Justru, santri  memiliki kinerja yang sangat baik dan bermanfaat bagi sekitar bahkan di dunia digital sekalipun.


8. Magang di Tourizy
 

Wisata Al Quran  (ket gbr)

Tourizy adalah one stop center untuk solusi dan layanan perjalanan. Beberapa santri terlibat yaitu berfokus pada layanan perjalanan individu dan perjalanan kelompok kecil, perjalanan insentif dan gathering dan outing dengan pengalaman unik.

DDalam proses magangnya, santri mengerjakan tugas diantaranya pemasaran digital. Tidak hanya mengaji, Pemuda Bumi Langit juga menggali bakat dan mengembangkan skill yang dimiliki santri.  Hal ini bisa mengembangkan semangat serta memberi kesempatan untuk para santri menjadi lebih percaya diri.

Tourizy penyedia jasa tour profesional dan terpercaya, fokus pada destinasi wisata Singapore, di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Korea Selatan, Turki, Abu Dhabi, Qatar, Dubai, Timur Tengah wisata religi, Bali, Lombok, Labuan Bajo dan destinasi lainnya.

Yang tertarik bergabung menjadi santri silahkan klik link pendaftaran di bawah yaa

www.pemudabumilangit.id
www.haqin.in

Penulis Wulandari Nur'aini

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo