Blogger news

KPI UIN SGD Bandung Gelar Seminar Internasional Dengan Tema “on Da'wah Studies and Research in the USA”

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
mediakopid.com, Bandung – Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SGD Bandung menggelar seminar internasional dengan tema "on Da'wah Studies and Research in the USA" pada hari Kamis (8 Juni 2023).

Seminar internasional tersebut diisi orang-orang yang luar biasa yakni Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag sebagai welcoming speech, Prof. Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag, MMC sebagai keynote speakers dan Dr. H. Uwes Fatoni, M.Ag sebagai moderartor. Lalu pembicara pada seminar ini yaitu Imam Shamsi Ali, Imam besar di Masjid kota New York, dan Prof. Muhamad Ali, Ph.D yang merupakan dosen atau pengajar di University of California Riverside USA.

Acara ini dilaksanakan melalui zoom meeting dan juga perwakilan kelas di Aula Fakultas Dakwah Komunikasi Lantai – 4. Acara berlangsung dari pukul 08.30 sampai 13.00.

Pembicara yang pertama yaitu Imam Shamsi Ali, Imam besar di Masjid kota New York. Ia menjelaskan tentang studi dakwah dan riset dakwah di Amerika. Ia mengatakan ada beberapa poin penting dan yang paling penting ialah amerika merupakan ladang dakwah dan juga pentingnya da'I  menguasai Bahasa yang fasih.

"ada beberapa poin penting dakwah di amerika, salah satu yang penting ialah amerika merupakan ladang dakwah,  karena masyarakat Amerika mudah dalam menyerap informasi dan mereka cerdas dan juga rasa ingin tahunya tinggi. Lalu yang penting juga ialah seorang da'I harus fasih dalam berbicara atau berbahasa untuk melancarkan proses dakwah di amerika." Ujar Imam shamsi ali

Pembicara yang kedua ialah Prof. Muhamad Ali, Ph.D. ia banyak menjelaskan tentang studi dakwah di amerika. Ia menyebutkan bahwa dakwah di amerika sangat kompleks karena banyaknya ajaran islam yang tersebar dari mana-mana.

"konteks dakwah di amerika ini sangat kompleks,karena di amerika mayoritas muslim itu berasa dari imigran tentunya banyaknya ajaran muslim yang berbeda, di Amerika pribumi merasa seperti tamu karena masjid disana imam besar biasanya dari imigran". Ujar Prof. Muhamad Ali, Ph.D

Reporter: Syarip Muhammad Ramadan
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo