Blogger news

Intip Tips Menghemat Keuangan Anak Kos Agar tetap hemat Sampai Akhir Bulan


                                                        Sumber: Pagaralampos

Saat menjadi mahasiswa, tentu kamu akan dituntut untuk mandiri, termasuk dalam hal keuangan. Sehingga, penting bagi kamu memahami cara mengatur keuangan anak kos yang baik.

Pasalnya, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup di perantauan. Ya, keuangan kerap menjadi permasalahan, entah karena keterbatasan atau justru pengelolaannya yang kurang tepat.

Oleh karena itu, belajar manajemen keuangan merupakan aspek penting, khususnya bagi anak kos.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan yang benar? berikut tips-tipsnya secara lengkap. Simak baik-baik ya!

1. Batasi Nongkrong
Tips selanjutnya yang bisa digunakan dalam cara mengatur keuangan anak kos yaitu membatasi kegiatan nongkrong. Umumnya, nongkrong ini dilakukan di kafe-kafe atau mall dan dapat menghabiskan uang karena perlu digunakan untuk membeli minum maupun hal lainnya.Oleh karena itu, jika tidak terlalu mendesak, kamu dapat membatasi kegiatan nongkrong tersebut agar dana pengeluarannya bisa dialokasikan ke kebutuhan lain.Untuk alternatif berkumpul dengan teman yang lebih hemat uang, kamu bisa memanfaatkan area kampus maupun ruang hijau terbuka publik di lokasimu.

2. Kurangi Jajan yang Tidak Penting
Hampir mirip seperti tips sebelumnya, langkah berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatur keuangan anak kos adalah dengan mengurangi jajan tidak penting.Dalam hal ini, misalnya kamu sudah membawa bekal sendiri untuk makan siang, maka tidak perlu lagi membeli jajan tambahan, apalagi hanya sekedar ikut-ikutan.Saat belanja bulanan, ketika semua kebutuhan yang dicari sudah dibeli, maka tidak perlu menambahkan barang-barang kurang bermanfaat ke dalam keranjang.Selalu pastikan bahwa apa yang ingin dibelanjakan sudah sesuai dengan susunan anggaran. Dengan demikian, kamu tidak akan kekurangan bahkan kehabisan dana.

3. Rutin Menabung
Tips berikutnya yang dapat digunakan dalam cara mengatur keuangan anak kos adalah dengan rutin menabung.Tentunya kamu sudah memahami bahwa banyak manfaat menabung bagi kehidupanmu di masa mendatang.Tabungan ini dapat digunakan untuk membeli hal yang kamu inginkan ataupun menjadi dana darurat jika memang ada keperluan mendesak.Ada baiknya, tabungan tersebut diambil dari uang yang dikirim orang tua begitu kamu mendapatkannya. Tujuannya agar tidak terpakai untuk hal lain yang kurang penting.Jika kamu kesulitan menggunakan dua tabungan rekening sekaligus, tidak masalah memulai kegiatan ini dengan celengan terlebih dahulu.

4. Masak Sendiri
Salah satu tips yang sering digunakan sebagai cara mengatur keuangan anak kos untuk permasalahan biaya konsumsi adalah dengan masak sendiri.Jika kamu masak sendiri, menu, biaya bahan, bahkan porsi yang dibuat dapat disesuaikan dengan selera dan kemampuan pribadi.Di samping itu, masak sendiri juga bermanfaat untuk memangkas anggaran makan yang seharusnya dikeluarkan agar lebih sedikit.Soal masakan, kamu tidak perlu repot memikirkan pembelian alat di luar yang sudah disediakan pihak indekos atau orang tuamu.Apabila kamu sudah memiliki rice cooker, maka tinggal browsing di internet saja berbagai pilihan menu makanan praktis yang bisa dibuat dengan menggunakan benda tersebut.

5. Minimalisasi Biaya Kos
Tips dalam manajemen keuangan anak kos tentunya tidak boleh melewatkan strategi penekanan biaya tempat tinggal. Sebab, kamu mungkin merasakan bahwa biaya kos menghabiskan hampir setengah bagian dari uang kiriman orang tua.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyiasati hal tersebut, antara lain dengan tinggal bersama saudara, mencari kos yang biayanya murah, atau mengajak teman untuk berbagi kamar.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, maka pengelolaan keuanganmu akan jauh lebih baik. Semoga bermanfaat!


Penulis: Trian Bagaskara

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo