Blogger news

Hipotensi? Yuk Konsumsi Beberapa Buah Untuk Bantu Tingkatkan Tekanan Darah

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Kata hipotensi sudah tak asing lagi ditelinga kita. Hipotensi ini merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah seseorang di bawah normal (<90/60 mmHg). Tekanan darah normal dalam diri manusia itu berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Hipotensi ini dapat dialami siapa saja dari berbagai rentang usia.

Orang yang memiliki tekanan darah rendah pada umumnya merasakan rasa mual, pusing bahkan ada yang hingga pingsan. Penyebab hipotensi ini sendiri tergantung aktivitas dan kondisi fisik kita. Untuk mengetahui kita terkena hipotensi atau tidak,kita dapat melakukan pemeriksaan dengan menjelaskan apa saja keluhan yang kita rasakan, jika menurut dokter hasil pemeriksaan sementara menunjukkan bahwa ada kemungkinan terkena hipotensi. Maka dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah itu hipotensi atau gejala dari penyakit lain.

Nah, sahabat kopiders semua, ada 5 rekomendasi buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan tekanan darah, yaitu:

1. Kelompok Buah Berry
Kelompok buah berry seperti strawberry memiliki mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid yang bermanfaat untuk penderita darah rendah. Buah ini masih mudah ditemukan dengan mudah.

2. Pisang
Sudah tak asing lagi dengan buah pisang. Ternyata pisang yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Selain asam folat, buah pisang ini juga mengandung vitamin B6 dan potassium yang dapat mengontrol tekanan darah dalam diri kita.  

3. Buah Bit
Buah bit yang Buah bit merupakan sumber folat yang dapat mencegah terjadinya anemia dan dapat mengatasi tekanan darah rendah. Nutrisi yang ada dalam buat bit ini mampu menormalkan tekanan darah.  

4. Alpukat
Alpukat yang mengandung kalium dapat meningkatkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam darah dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah penderita.

5. Mangga
Kandungan sumber serat yang tinggi serta beta karoten yang baik ada dalam buah mangga. Dua kandungan tersebut dapat membantu menunjang terapi seseorang yang memiliki darah rendah dan sangat dibutuhkan bagi tubuh penderita untuk meningkatkan tekanan darahnya.  

Mengkonsumsi buah-buahan saja tidak cukup. Membantu meningkatkan tekanan darah juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan dan tidur dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Sindy Maulia Herdiyanti
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo