Blogger news

Ingin Perawatan Wajah? Begini Cara memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit!

Ilustrasi Skincare
Sumber Gambar : Pinterest (Freepik)

Bagi beberapa orang terutama wanita, kulit wajah merupakan area yang lebih sensitif dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Maka dari itu tidak sedikit orang melakukan perawatan yang maksimal terhadap kulit wajah. Rangkaian perawatan kulit wajah dewasa ini sering kita sebut sebagai skincare. Skincare dapat dilakukan dirumah dengan memilih produk yang sesuai dengan permasalahan kulit wajah. Memilih skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit bukan merupakan hal yang mudah. Kondisi kulit wajah setiap orang berbeda, maka dari itu perawata/skincare yang dibutuhkan berbeda pula. Lalu, bagaimana cara memilih skincare yang tepat sesuai dengan kondisi kulit wajah?

Sebelum memilih skincare, hal dasar yang perlu diperhatikan adalah kondisi dan jenis kulit wajah. Beberapa orang akan memiliki kulit yang sensitif, berjerawat, kemerahan, atau terlalu kering. Untuk membantu menentukan jenis kulit, dapat diskusikan langsung dengan dokter, agar tidak salah memilih produk skincare dan tidak membahayakan kulit wajah. 

Tips Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit Wajah, dikutip dari halodoc.com

  1. Kulit Berminyak
Dibalik fakta pemilik kulit berminyak lebih awet muda dan tidak keriput, pemilik kulit berminyak lebih rentan mengidap masalah kulit, di antaranya adalah komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah produk yang tidak mengandung minyak. Meskipun pemilik kulit berminyak hanya membutuhkan pelembab yang lebih sedikit daripada pemilik kulit kering, tetapi tetap harus menggunakan pelembab. Pemilik kulit berminyak cocok dengan skincare yang teksturnya berbentuk gel. Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan petunjuk penggunaan. Kemudian cari tahu apakah produk tersebut cocok atau tidak untuk pemilik kulit berminyak.

2. Kulit Kusam
Pemilik kulit kusam biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Masalah kulit kusam dapat teratasi dengan baik jika melakukan perawatan yang tepat. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kulit kusam adalah dengan selalu menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap diluar ruangan. Selain itu, pilih jenis skincare yang dapat melembapkan kulit dan memiliki efek mencerahkan. Dengan begitu, wajah tidak akan terlihat kusam.

3. Kulit Kering
Pemilik kulit kering selain lebih terlihat kusam dan tidak bercahaya juga tidak heran kalau garis halus lebih mudah terlihat, karena pemilik kulit kering lebih rentan terhadap keriput. Kulit kering bermasalah jika berada di tempat dengan cuaca dingin. Selain cuaca yang dingin, pemilik kulit kering harus mewaspadai terjadinya perubahan hormon. Untuk mencegah kulit kering semakin bertambah parah, pemilik kulit kering jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat, serta memilih skincare sesuai jenis kulit dengan bahan yang melembapkan, seperti hydrating toner. Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur krim atau balm. Hindari produk skincare dengan bahan dasar alkohol, karena alkohol akan menyerap air pada wajah dan membuat kulit semakin kering.

4. Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif bisa memiliki kulit kering atau berminyak, yang membedakannya adalah respon yang ditunjukkan kulit saat mengalami kontak dengan zat kimia atau bahan tertentu. Jika kulit wajah mengalami kemerahan saat memakai produk skincare tertentu, sebaiknya segera dihentikan. Hindari juga produk dengan kandungan alkohol, dan pilih skincare dengan kandungan bahan alami yang direkomendasikan untuk kulit sensitif.

Banyak produk skincare yang beredar di pasaran sesuai jenis kulit masing-masing. Tentu saja, tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit wajah setiap orang. Jadi, dalam melakukan perawatan dengan skincare perlu benar-benar memerhatikan bahan aktif dengan baik. Sebelum memakai skincare, ada banyak yang mesti dipertambangkan terlebih dulu, supaya perawatan yabg dilakukan tepat dan sesuai yang diharapkan.


Zennita Meida Abdillah
Mahasiswi UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo