Blogger news

Gunung Batu Tanjungsari, Pesona Hidden Gem di Tanjungsari

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Gunung Batu yang berada di kaki Gunung Geulis atau lebih tepatnya di Dusun Rancabawang, Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang mempunyai potensi wisata yang baik. Mulai dari saung makan, trek gowes, dan camping ground. Gunung ini menjadi salah satu hidden gem yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menenangkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Bagi warga Desa Cinanjung, wisata alam ini memang sudah tidak asing lagi. Namun, bagi warga di luar Desa Cinanjung, wisata alam ini cukup asing karena belum banyak terekspos oleh masyarakat secara luas.

Akses menuju Gunung Batu terbilang mudah. Untuk menuju lokasi dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Namun, biasanya banyak pengunjung berangkat dari rumah tidak membawa kendaraan, mereka berjalan kaki bersama-sama untuk sampai di lokasi. Selain itu, ada juga pengunjung yang mana untuk sampai ke puncak gunung sambil berolahraga lari.

Jika berangkat dari arah Jatinangor kurang lebih 10-15 menit untuk sampai di Dusun Rancabawang. Setelah sampai dan memarkirkan kendaraan, lanjut dengan berjalan kaki menaiki anak tangga, kurang lebih 10 menit untuk sampai ke puncak Gunung Batu. Anak tangganya pun terbuat dari tembok dan tidak terlalu terjal, jadi tidak perlu khawatir.

Selain itu, terdapat jalan pintas untuk sampai di puncak Gunung Batu. Namun, harus berjalan melewati jalan setapak yang dipenuhi dengan rumput-rumput. Rasa capek dan lelah pun akan terobati, dengan melihat pemandangan alam yang indah dan udara di puncak gunung yang segar.

Jika cuaca cerah di puncak Gunung Batu, di sebelah timur pengunjung dapat melihat pemandangan alam dan perkebunan yang begitu luas. Di sebelah utara pengunjung dapat melihat Kecamatan Tanjungsari dan menikmati keindahan alam Gunung Manglayang. Selanjutnya, di sebelah barat terlihat pemandangan Kecamatan Jatinangor yang dihiasi dengan bangunan-bangunan gedung yang menjulang tinggi. Selain itu, terlihat dari jauh kota Bandung, Masjid Terapung Gedebage, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Kita juga dapat melihat hamparan Bukit Panorama dan perumahan penduduk secara dekat. Jika di malam hari, akan terlihat indah gemerlap lampu perumahan dan perkotaan, seperti bintang-bintang di atas langit.

Jika ingin menikmati pemandangan di atas puncak lebih lama pengunjung dapat mendirikan tenda di area camping ground. Akan tetapi, harus siap dengan segala keterbatasan yang ada, karena fasilitasnya masih terbatas. Ada juga pengunjung yang datang dengan bersepeda, gowes bersama komunitas sepeda, teman, ataupun keluarga. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam sambil bersantai dan tiduran dengan memasang hammock di antara dua batang pohon.

Gunung Batu ini biasanya ramai dikunjungi setiap hari Minggu. Bagi warga Tanjungsari dan sekitarnya, Gunung Batu dapat menjadi salah satu wisata alam untuk menghabiskan akhir pekan, baik bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Bagi pecinta alam dan yang belum pernah berkunjung kesini tidak ada salahnya untuk datang dan menikmati keindahan alam di atas puncak dengan ditemani udara segar.

Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa bekal dan menikmatinya di atas puncak atau di saung makan. Tidak lupa juga untuk mengabadikan momen dan berpose di atas puncak, karena sayang jika terlewatkan akan keindahan alamnya. Untuk yang akan berkunjung kesini diharapkan tetap menjaga kebersihan dan bawa turun sampahnya, supaya tetap asri dan nyaman.

Penulis: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo