Blogger news

Pentingnya Manajemen Waktu

Sumber Foto: https://id.pinterest.com/
Di zaman sekarang teknologi sudah sangat berkembang dengan pesat sehingga masyarakat dibanjiri informasi. Tak hanya itu, secara tidak langsung perubahan perilaku dan tatanan manusia mulai ada perubahan dikarenakan pengaruh dari globalisasi. 

Apalagi generasi milenial yang sangat paham dan sangat mengerti akan kecanggihan teknologi yang berkembang dengan pesat ini. Sehingga hal ini membuat mereka menjadi kecanduan gadget dan akhirnya membuat mereka menjadi lupa waktu. Dan tentunya ini berdampak pada tugas tugas dan pekerjaan pekerjaan yang tidak terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
 
Sebagai generasi muda, pandai manajemen waktu dengan baik akan mengantarkan seseorang kepada kesuksesan dan sebagai generasi muda, kita harus menanamkan cara memanajemen waktu yang baik sedini mungkin.
 
Diantara beberapa aktivitas dan beragam kesibukan yang kita jalani, kita harus mampu mengelola waktu dengan baik agar tidak keteteran. Manajemen waktu meupakan cara bagaimana seseorang bisa mengelola dan mengatur waktunya.
 
Jika tidak mampu mengelola waktu dengan baik seseorang akan kewalahan dan dapat dikatakan waktu bisa memengaruhi kegiatan seseorang. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilaukan untuk manajemen waktu dengan baik
 
Prioritaskan Hal yang penting

Sebagai mahasiswa pasti kita memiliki tugas yang menumpuk. Ketika banyaknya tugas atau pekerjaan, selesaikan terlebih dahulu mana yang dirasa lebih penting. Setelah itu baru melanjutkan pekerjaan yang lain. Sebab ketika kita mendahulukan pekerjaan yang penting beban pikiran akan merasa lebih berkurang
 
Istirahat Yang Cukup
 
Istirahat yang cukup sangatlah dibutuhkan untuk semua orang, karena untuk menjaga kebugaran tubuh dalam sehari minimalnya kita harus tidur selama 7-8 jam. Istirahat yang cukup akan membuat otak lebih segar dan juga akan menvuat kita lebih efisien melanjutkan aktivitas di kemudian hari

Jangan Tunda Pekerjaan
 
Ketika ada tugas atau pekerjaan yang diberikan oleh dosen, langsung 
kerjakan selagi ada waktu luang untuk mengerjakannya. Jangan menunda nunda mengerjakan tugas, sebab ketika tugas tersebut di tunda tunda akan menjadi menumpuk dan kita akan kewalahan sendiri. Mengerjakan tugas dengan buru buru dengan begadang juga tidak baik bagi kesehatan.
 
Tentukan Target Penyelesaian Pekerjaan

Menentukan atau membuat target kapan suatu pekerjaan itu harus selesai akan membuat kita lebih semangat bekerja dan menjadi lebih baik. Hal ini juga bertujuan agar sikap disiplin dan tekun dapat melekat pada diri kita, apalagi kedisiplinan sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan nantinya. Jika tidak punya target kita akan menjadi lalai dan ceroboh. Dengan menentukan target ini akan berdampak baik terhadap karier kita ke depannya

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanajemen waktu dengan baik. Jadi manajemen waktu yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Begitupun sebaliknya, jika manajemen waktunya buruk juga akan berdampak buruk terhadap diri sendiri.

Penulis: Tazkia Aulia Rahmah


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo