Blogger news

Ir. Soekarno: Perjuangan Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Sumber foto instagram (@soekarno_ku):
https://www.instagram.com/p/BYtM08jnDZD/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==



Presiden Republik Indonesia pertama yang sering disapa dengan Ir. Soekarno lahir pada tanggal 6 juni 1901, beliau lahir di kota surabaya yang sering disebut dengan kota pahlawan. Nama lengkap beliau saat lahir adalah Koesno Sosrodihardjo. Akan tetapi karena beliau sering mengalami sakit-sakitan saat kecil, maka nama beliau diganti menjadi Soekarno.

Soekarno yang dibaca menjadi Soekarno, merupakan seorang anak yang dilahirkan dari keluarga kalangan bangsawan. Ayahnya Bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, sementara ibunya Bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Orang tua beliau bertemu di daerah kota bali. Pertemuan keduanya saat ayah nya menjadi seorang guru di bali, sementara ibunya merupakan bangsawan asli bali. Dari pasangan tersebut lahirlah Soekarno. Beliau juga memiliki saudara kandung yang Bernama Sukarmini.

Ir. Soekarno memiliki jenjang Pendidikan yang diawali dari sekolah dasar bumiputera. Kemudian beliau melanjutkan Pendidikan di hsb hoogere burger school. Kemudian beliau mendapat gelar insinyur dari technische hoge school atau yang saat ini merupakan institute teknologi bandung (ITB).

Ir. Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang telah banyak berjasa dalam mencapai kemerdekaan pada negara Indonesia. Oleh sebab itu Soekarno dijuluki sebagai Bapak proklamator Indonesia. Selain sebagai seorang proklamator, perjuangan Soekarno dalam kemerdekaan Indonesia sudah dimulai jauh sebelum nya. Dengan bentuk perjuangan yang dilakukannya adalah, mengupayakan kemerdekaan Indonesia.

Ir. Soekarno merupakan pendiri partai indonesia (PNI). pada tahun 1926, mendirikan Algemene Studie Club Bandung, Jawa Barat, yang merupakan cikal bakal dari partai nasional Indonesia. Dan mendirikan PNI, Yang didirikan pada 4 juli 1927. PNI adalah salah satu partai yang menuntut tercapainya kemerdekaan Indonesia dari para penjajah belanda.

Pada 29 Desember 1929 ir. Soekarno sempat ditangkap oleh belanda karena tingginya nasionalisme yang dijunjung oleh soekarno melalui PNI. Karena itu beliau di penjara selama 4 tahun, di Sukamiskin Bandung. Dan masih banyak lagi penderitaan yang beliau alami.

Maka dari itu Ir. Soekarno merupakan salah satu pahlawan yang memiliki peran yang begitu besar bagi kemerdekaan Indonesia. Perjuangan nya Bersama dengan pahlawan lainya tidaklah mudah hingga dapat membuat Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, selain itu Ir soekarno menjadi presiden pertama dan didampingi moh hatta sebagai wakil presiden.


Penulis: Shofwah Annisa
Masiswi KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo