Blogger news

Bung Tomo: Teladan Bagi Semangat Generasi Masa Kini

Sumber Foto Instagram (@biografi.id

Bung Tomo merupakan pahlawan nasional Indonesia dan merupakan pemimpin militer Indonesia yang di kenal karena peranannya dalan pertempuran 10 November 1945. memiliki nama asli Sutomo lahir pada 3 Oktober 1920. Beliau merupakan salah satu sosok yang memiliki jasa besar terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau merupakan sosok penyemangat rakyat Surabaya pada saat belanda akan Kembali menjajah, dalam pidatonya beliau mampu memotivasi dengan membangkitkan semangat dan rasa percaya diri pada rakyat Surabaya. Sejarah mencatat bahwa pertempuran perlawanan rakyat surabya merupakan pertempuran terdasyat dalan sejarah perjuangan kemerdekaan indnesia. Dengan momentum tersebut maka di tetapkannya pada 10 november 1945 menjadi hari pahlawan nasional.

Sosok bung tomo memiliki ketekunan yang patut di teladani bagi generasi mudah saat ini. Yang mana beliau selalu memprioritaskan Pendidikan, walaupun beliau lahir dan tumbuh dalam keadaan yang tidak berkecukupan namun beliau tidak menurunkan semangatnya untuk terus mengenyama Pendidikan bagaimanapun kondisinya kemudian beliau berani menyuarakan dalam kebenaran, beliau sudah tidak akan di ragukan lagi mengenai orasi-orasi dan semangat nya mengenai menyuarakan kebenaran. Beliau aktif dalam menyuaraka kebenaran mengenaiisu-isu yang terjadi di sekitarnya. Beliau memiliki jiwa pemimpin, yang mana dapat dilihat dari sikapnya yang senantiasa bertanggung jawab dan berani menyuarakan kebenaran.

Tidak berhenti sampai di sana bung tomo merupakan sosok yang tekun pada setiap tanggung jawab yang di emban, karena itu beliau terkenal ketekunannya dalam memperjuangkan sesuatu, sudah jelas dalam perjuangannya di Indonesia. Memiliki prinsip yang kuat beliau memiliki kepribadian yang berprinsip kuat dari apayang di yakiniya dan memiliki sikap gigih dalam melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwah bung tomo telah jelas memperlihatkab dan mengajarkan banyak hal yang dapat di terapkan dan direfleksikan pada kehidupan keseharian generasi saat ini agar mampu mempertahanka apa yang telah di perjuangkan pendahulu dan mampu menerapkan makna baik dalam kehidupan saat ini.

 "MERDEKA ATAU MATI" Bung Tomo



Shofwah Annisa 

Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo