Blogger news

Panen Padi Hemat Tenaga Dibulan Puasa! Simak Petani Baleendah Gunakan Mesin Canggih Untuk Panen Padi

mediakopid.com, BANDUNG- Bulan ramadhan tidak menjadi halangan untuk petani dalam memanen padi. Meskipun harus panen dalam keadaan menahan lapar dan haus namun, harus tetap dilakukan untuk mencari rezeki demi keluarga tercinta. Seperti yang dilakukan oleh beberapa petani di daerah Bojongsoang, Bandung Jawa Barat pada hari Sabtu (08/04/2023).

Beruntungnya teknologi sekarang sudah sangat canggih, sehingga dapat membantu para petani. Panen dilakukan dengan mesin dan menghemat tenaga para petani. Mesin yang digunakan adalah mesin panen Combine Harvester. Mesin Combine Harvester merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada kelompok tani. Namun belum semua daerah di Indonesia rata mendapatkan bantuan mesin panen ini.
Para petani menyampaikan bahwa mesin ini mempersingkat waktu kerja dan mempermudah mereka.

"Mesin ini sangat membantu kami para petani, terutama saat bulan ramadhan. Manfaat nya sangat terasa, kami tidak begitu lelah. Sehingga dapat melaksanakan puasa ramadhan dengan hikmat"  ucap Sukatma (08/04/2023).

Untuk mengoperasikan mesin combine harvester terbilang mudah. Hanya dibutuhkan dua orang, satu orang sebagai operator dan yang lainnya bertugas memegang karung yang akan diisi oleh gabah. Menurut petani selain berfungsi untuk memanen padi, mesin combine harvester juga berfungsi untuk membajak sawah.

"Harapan kami sebagai petani, semoga pemerintah semakin perhatian dalam memberikan teknologi untuk kami. Agar kami bisa memenuhi kebutuhan pokok untuk kita semua. Dan semoga bantuan mesin merata untuk seluruh petani Indonesia" ucap Sukatma (08/04/2023).

Reporter : Muhammad Raden Nur Naufal
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo