Blogger news

Keluarga Mahasiswa Ciamis Adakan Sekolah Moderasi Beragama dan Buka Bersama

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Mediakopid.com, Bandung - Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) mengadakan Sekolah Moderasi Beragama sekaligus buka bersama. Minggu, 09/04/2023.

Sekolah moderasi beragama adalah sebuah program rutinan dari KMC Galuh Taruna Bandung yang bertujuan untuk menjaga agar praktik ajaran agama tidak terjebak secara ekslusif yang meniadakan wawasan kebangsaan dikalangan mahasiswa. Meskipun Islam agama mayoritas, tetapi pemerintah memfasilitasi kepentingan seluruh agama tanpa terkecuali.

Kegiatan ini diselenggarakan di sekretariat Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC). Adapun pemateri yang mengisi kegiatan ini yaitu Dr. Deni Miharja, M.Ag selaku pembina KMC Galuh Taruna Bandung. Adapun tema yang di usung yakni kajian teoritis aqidah dan implementasi Akhlaqul Karimah dalam lingkungan kampus.

Untuk dapat mengimplementasikan aqidah dan akhlak yang baik maka perlu dilakukan pendidikan aqidah akhlak yang dipandang sebagai suatu wadah untuk membina dan membentuk tingkah laku mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Pendidikan aqidah akhlak harus mendorong semua aspek tersebut ke arah pencapaian kesempurnaan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam.

Tujuannya yakni untuk menanamkan dan meningkatkan keimanan mahasiswa serta meningkatkan kesadaran untuk berakhlak karimah.

Faqih selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa sekolah moderasi beragama ini sangat penting diikuti oleh para mahasiswa karena agar mereka tidak terjebak secara eklusif yang meniadakan wawasan kebangsaan dikalangan mahasiswa serta agar para mahasiswa juga dapat mengimplementasikan akhlak yang baik di dalam lingkungan kampus.

Saya sangat senang melihat antusiasme mahasiswa Galuh yang mengikuti kegiatan ini mereka terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, ungkapnya.

Reporter : Resti Septianingsih
KPI 6D / mediakopid

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo