Blogger news

Indahnya Menjaga Lingkungan

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Lingkungan hidup yang bersih dan sehat berarti lingkungan yang bebas dari kondisi penyebab penyakit. Lingkungan yang bersih mendukung penerapan pola hidup sehat, yang dimaksud dengan lingkungan hidup yang bersih dan sehat adalah bahwa lingkungan tempat tinggal kita memberikan kesan yang baik bagi indra dan memberi arti bagi kesehatan.

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan harus terus dilakukan agar semakin banyak orang yang siap melakukan perubahan. Pada dasarnya sudah banyak orang yang ingin turun tangan untuk memperbaiki lingkungan yang rusak di muka bumi ini. Pada dasarnya bisa dimulai dari kita dulu, baru kita bisa memberikan pelatihan kepada khalayak luas baik secara langsung maupun online.

Lingkungan yang didiami dapat mendukung dan mempengaruhi kehidupan manusia. Jika lingkungan tempat mereka tinggal terbiasa dengan gaya hidup sehat, tentu hal ini meninggalkan kesan yang baik bagi diri mereka sendiri dan masyarakat. Namun di sisi lain, jika Anda hidup dalam masyarakat yang terbiasa hidup kotor dan suka mabuk, itu memengaruhi psikologi dan cara berpikir Anda. Keadaan seperti itu harus dihindari jika Anda sudah menikah, karena lingkungan seperti itu dapat memengaruhi interaksi sosial anak Anda. Lingkungan yang sehat dimulai dari kita dan lingkungan kita. Kesehatan juga untuk diri kita sendiri, jadi mari kita jaga kesehatan dan jaga kebersihan lingkungan. 

Tempatkan tempat sampah di ruangan mana pun yang mungkin terdapat sampah, biasanya dapur, kamar mandi, dan halaman. Kita harus memberikan dua jenis sampah yaitu sampah basah dan sampah kering, bila kedua sampah ini dicampurkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap, dan keuntungan dari memisahkan sampah kering dan basah adalah kita dapat mendaur ulang sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. (daur ulang) Buang ke tempat sampah yang telah menumpuk selama beberapa waktu atau saat tempat sampah hampir penuh. Jangan menunggu sampai tempat sampah penuh karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mendatangkan kecoa/lalat.

Tumbuhkan tanaman hijau di pekarangan rumah, yang akan membuat rumah asri dan segar. Udara kotor dengan cepat diubah menjadi udara segar. Demikianlah artikel Lingkungan Hidup Bersih Sehat. Biarkan rumah kita dan alam di sekitar kita menjadi segar dan indah.

Keindahan alam lingkungan hidup kita dapat tercipta melalui aksi bersama. Lingkungan yang bersih, asri, sehat dan nyaman merupakan dambaan setiap orang. Alangkah baiknya jika anak cucu kita bisa menikmati dan merasakan keindahan alam di sekitar kita secara turun temurun.

Keindahan alam ini tidak akan luntur jika kita semua sadar akan kelestariannya, sehingga kita harus bisa menjaga dan melestarikannya. Kebersihan lingkungan dapat tercipta melalui kerjasama dengan berbagai kelompok atau badan yang dapat mendukung fungsi lingkungan yang bersih. Kesehatan lingkungan tercipta dari lingkungan yang bersih, keindahan lingkungan tercipta ketika kita semua memahami bahwa keindahan itu bersih dan sehat, ketika lingkungan yang bersih dan sehat tercapai, keindahan dengan sendirinya tercapai dengan merapikan, menanam dan menjaga pohon/tanaman yang bermanfaat. Sampah menjadi barang yang sangat berguna bagi semua makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Syifa Fadia, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo