Blogger news

Belajar Sabar di Bulan Ramadan

 

Sabar ialah pilar kebahagiaan seorang hamba. Melalui kesabaran seorang hamba akan konsisten menjalankan ibadah, tabah menghadapi berbagai ujian ataupun cobaan, dan terjaga dari kemaksiatan.  Pada dasarnya kehidupan manusia di dunia tidak pernah lepas dari berbagai hal yang terjadi, baik yang disenangi ataupun tidak disenangi. Sejatinya seorang muslim hendaklah menyadari bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan berada dalam kehendak Allah Swt.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 155-156, “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” (QS Al-Baqarah: 155-156).

Bagi orang-orang yang tengah diberi ujian dan cobaan, Rasulullah Saw memerintahkan untuk bersabar, karena sabar itu bentuk cinta dari Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT berfirman, jika Aku menguji hamba-Ku dengan dua yang dicintainya, kemudian dia bersabar, maka Aku akan mengganti keduanya itu untuknya dengan surga.” (HR Imam Bukhari).

Sabar begitu mudah untuk kita ucapkan namun tidak mudah untuk dilakukan. Melalui bulan suci Ramadan, Allah Swt mengajarkan hambanya untuk selalu ingat kepada-Nya agar selalu bersabar. Sabar dalam menjalankan ibadah puasa menjadi suatu keharusan yang tidak bisa dihindari. Artinya, jika seseorang tidak mempunyai kesabaran, maka orang tersebut hanya memperoleh rasa lapar dan dahaga saja tanpa memperoleh manfaatnya. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda, “Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja.” (HR Ibnu Majah).

Dengan bersabar di bulan suci Ramadan, kita dapat mengambil hikmahnya. Allah akan memberikan pahala tanpa batas untuk orang-orang yang bersabar. Sebagaimana terdapat dalam surat Az-Zumar ayat 10 yang artinya, “Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS Az-Zumar: 10).

Maka dari itu, mari kita jadikan bulan suci Ramadan ini sebagai kesempatan baik untuk terus meningkatkan kesabaran dalam menghadapi segala sesuatu yang telah Allah Swt tetapkan, agar mendapat rida-Nya. Dengan bersabar, maka akan meningkatkan nilai keimanan seseorang yang tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Penulis : Winna Herawati'6D
UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo