Blogger news

Manfaat Menjalin Silaturahmi

Sumber Foto: Pinterest

Silaturahmi merupakan sebuah amalan utama yang bisa meyambungkan apa apa yang terputus seperti hubungan manusia. Tidak heran jika dengan melakukan silaturahmi maka akan timbul rasa nyaman dan mendapatkan manfaat lainnya.
 
Dalam islam, silaturahmi juga dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dengan adanya silaturahmi maka bisa memperlakukan manusia dengan baik yang mana sesuai dengan perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Di dalam islam silaturahmi banyak sekali manfaatnya.

Yang pertama, membuat semua orang menjadi lebih dekat dengan penciptanya. Kita semua pasti percaya bahwa apa yang diperbuat oleh seseorang ke sesamanya, juga berarti melakukan hal yang serupa kepada penciptanya.
 
Manfaat silaturahmi bagi seseorang tidak hanya menyambung ikatan dengan sesama manusia, tapi juga hubungannya dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah Sallahu alaihi wasalam bersabda:

"sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, Rahim berdiri seraya berkata: "ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan." 

Dia berfirman:"Benar, apakah engkau rida jika aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?". 
Ia menjawab: "Iya, Dia berfirman: "Ituah Untukmu"
 
Yang kedua, silaturahmi membuat gembira sanak saudara. silaturahmi merupakan suatu langkah terpuji. Hal ini karena manfaat silaturahmi bisa membuat gembira sanak saudara. Syeh Sholeh yang juga merupakan Mutasyar PCNU Brebes ini menyatakan bahwa sesungguhnya amal yang paling utama adalah membuat gembira orang mukmin.

Yang ketiga, Silaturahmi Akan Membantu Memperluas Rezeki. Manfaat silaturahmi yang sangat berguna bagi kehidupan adalah dilapangkannya rezeki yang lebih luas. Hal ini dikarenakan silaturahmi dapat membantu meningkatkan keharmonisan antara anggota keluarga besar, saudara, hingga teman lama. Dengan saling bertemu, kita bisa saling membantu serta menolong satu sama lain, yang berarti juga kita saling berbagi rezeki. "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari – Muslim).
 
Yang keempat, Manfaat Silaturahmi dapat Dijauhi dari Api Neraka. Syeh Soleh juga menyebutkan bahwa manfaat silaturahmi adalah menjadikan iblis laknatullah menjadi sulit untuk menggoda manusia. Dengan demikian, manusia akan terhindar dari api neraka. Manfaat silaturahmi ini juga telah dijanjikan dalam salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:
 
"Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi," (HR Bukhari dan Muslim).

Yang terakhir, Sebagai Bentuk Iman Kepada Allah Manfaat silaturahmi juga tak hanya sekedar untuk membantu memperluas rezeki, terhindar dari api neraka, hingga mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Silaturahmi merupakan tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT dan menjadi makhluk mulia di hadapan-Nya. Menyambung silaturahmi dengan orang yang telah memutuskan tali silaturahmi merupakan akhlak terpuji yang sangat disukai oleh Allah. Sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu."

Sedangkan seseorang yang suka memutus tali silaturahmi maka dianggap sebagai "perusak" kehidupan. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam salah satu surat Alquran berikut ini, Allah SWT berfirman:
"Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan tali silaturahmi (kekeluargaan)? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan penglihatan mereka," (QS. Muhammad:22-23). Karena menyambung tali silaturahmi merupakan salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT, maka dengan menjalin silaturahmi juga merupakan salah satu cara meningkatkan akhlak yang terpuji.
Itulah beberapa manfaat dari silaturahmi, masih banyak lagi manfaat silaturahmi yang lain. Karena silaturahmi identic dengan lebaran sebaiknya mulai sekarang jangan hanya saat bulan ramadhan saja, karena silaturahmi bisa dilakukan kapan saja.

Jika memang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung, mempererat tali silaturahmi bisa juga dengan cara lainnya, seperti mengirimkan pesan atau menelepon.

Penulis: Tazkia Aulia Rahmah 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo