Blogger news

Ingin Surga Tapi Malas Ibadah

Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz Bin Syech Abu bakar bin Salim berkata:

Kadang-kadang bangun malam (untuk sholat tahajjud) dan puasa sunnah merasa malas, tapi ingin derajat di surga dapat paling tinggi.

Namun kita yang malas bangun malam dan puasa sunnah, masih ada kesempatan untuk mendapatkan Ridho Allah SWT dan menempati surga-Nya yang paling tinggi.

Caranya perbanyaklah membaca sholawat kepada Rosulullah SAW dan disertai juga berdoa agar bisa bangun malam untuk sholat tahajjud dan bisa menjalankan puasa sunnah.

Dengan memperbanyak bacaan sholawat inilah, Allah akan menurunkan Rahmat-Nya kepada pembaca sholawat.

Kalau seorang hamba mendapatkan Rahmat dari Allah, maka ia akan mudah sekali bangun malam dan puasa sunnah.

Syaikh Ibnu 'Athaillah As-Sakandari berkata tentang keutamaan membaca sholawat:

من فاته كثرة الصيام والقيام. فليشتغل بالصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم. فانك لو فعلت فى جميع عمرك كل طاعة ثم صلى الله عليك صلاة واحدة. رجحت تلك الصلاة الواحدة منه على كل ما عملته فى عمرك من جميع الطاعات. لأنك تصلى على قدر وسعك وهو يصلى عليك على حسب ربوبيته وكرمه.


Barang siapa yang terlepas dari banyak puasa sunnah dan bangun malam. Maka hendaklah ia menyibukkan dengan membaca sholawat kepada Rosulullah SAW.

Karena sesungguhnya jika engkau mengerjakan semua ketaatan sepanjang masa usiamu, kemudian Allah bersholawat (memberikan Rahmat) kepadamu dengan satu kali sholawat. Maka lebih berat satu sholawat dari Allah itu dibandingkan setiap ketaatan yang engkau kerjakan di sepanjang usiamu.

Karena sesungguhnya engkau bersholawat menurut kadar kekuatanmu, sedangkan Allah bersholawat (memberikan Rahmat) kepadamu menurut kadar Ketuhanan dan Kedermawanan-Nya.

Satu kali sholawat (limpahan Rahmat) saja dari Allah bisa mengungguli semua ketaatan kita, apalagi dua, tiga kali sholawat dari Allah kepada kita.

Sedangkan Rosulullah SAW telah bersabda:

من صلى علي واحدة صلى الله عليه عشرا. رواه مسلم، ابو داود، النسائ وابن حبان.

Barang siapa bersholawat kepadaku dengan satu kali sholawat, maka Allah bersholawat kepadanya dengan sepuluh kali sholawat. (HR. Muslim Abu Daud)
Silvi Anggraini
Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo