Blogger news

Fwd: Kiat Menjaga dan Meningkatkan Keimanan


Sebagai makhluk Allah Subhanahu Wa Ta'ala tentu saja kita wajib memiliki iman dan taqwa agar tujuan hidup kita selalu terarah dan mampu menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan sebaik-baiknya. Setiap apa pun yang kita lakukan harus berlandaskan iman dan taqwa. Jika salah satu dari dua hal tersebut tidak dijaga dengan baik, maka kita akan dengan mudah terjerumus ke dalam hal-hal yang negative. Begitu banyak hal negative yang terlihat dalam kehidupan kita sehari hari yang sering kita jumpai salah satunya adalah penyalahangunaan narkoba.  
Iman merupakan bagian yang sangat diutamakan dalam kehidupan semua umat. Karena hanya dengan imanlah seseorang akan memperoleh derajat dari Allah Subhanahu wa ta'ala, hanya dengan iman seseorang  akan merasa ikhlas ketika melaksanakan perintah Allah, dengan iman juga seseorang akan ikhlas dan sabar ketika menerima cobaan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
Pernah gak sih, iman udah dijaga dengan baik, tapi ada saja godaan yang silih berganti? hari ini bisa menjaga iman dengan baik, besoknya tergoda dengan suatu keburukan lagi. Namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar menjaga dan meningkatkan iman kita sesuai dengan ajaran agama islam.
Apa saja kiat kiat menjaga dan meningkatkan iman?
Pertama, tentunya yang kita lakukan untuk meningkatkan dan agar iman menjadi lebih kuat ialah dengan cara mencari ilmu agama. Ilmu agama adalah pondasi paling penting untuk menjaga keimanan seseorang .
Carilah ilmu ilmu agama yang belum dimengerti, pelajarilah sampai paham dan terapkan pada kehidupan sehari-hari. Nikmatilah dalam mencari ilmu agama sehingga dengan sendirinya iman akan menjadi semakin kuat.
Kedua, rajin membaca al-qur'an. Membaca al-qur'an punya keutamaan yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia.  Al-quran adalah pedoman bagi hidup umat muslim.
Dengan mebaca alquran, hati kita menjadi lebih tenang, damai, sehingga hati senantiasa terjaga dengan baik.  Oleh karena itu, utamakanlah membaca alquran pada setiap kesempatan.
Ibarat alqurana adalah pupuk bagi keimanan kita supaya bertumbuh, maka iman selalu berpegang teguh pada ayat-ayat suci yang tertuang di dalam alquran. Tapi jangan hanya dibaca, namun harus berusaha diamalkan.
Yang ketiga, menjauh dari hal hal yang dapat mengotori iman. Hindarilah perbuatan perbuatan buruk agar kita senantiasa menjaga iman yang sudah kita jaga. hal hal yang dimaksud ialah berbuat kesirikan, mendatangi ramalan, berkeras hati dan beberapa penyakit lainnya.
Selanjutnya, bergaul dengan orang orang yang soleh. pergaulan menjadi faktor yang juga penting dalam mempertahankan keimanan seseorang. Bila lingkungan sekitar dapat memberikan pengaruh buruk kepadanya, maka iman seseorang tentu akan jadi lebih gampang goyah.
Begitu pun sebaliknya, kalau kita bergaul dengan orang-orang yang soleh, selalu memberikan pengertian dalam agama, dan mengajak kepada perbuatan positif, maka iman seseorang itu juga akan senantiasa terjaga.
Pada dasarnya, iman memiliki peran penting sebagai tuntunan hidup dunia dan akhirat. Dengan iman kita bisa mendapat energy yang poaitif dalam kehidupan sehari hari. Ingatlah bahwa Tuhan selalu melihat apapun yang kita kerjakan dan akan diminta pertanggung jawabannya kelak.
sederetan tips ini mampu dijadikan sebuah tameng tersendiri bagi kita untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan iman Islam kita.

Penulis : Tazkia Aulia Rahmah
Sumber foto : Pinterest 


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© all rights reserved
made with by templateszoo